KOMENTAR

WARDAH terus berupaya untuk menjadi market leader dalam industri kosmetik Indonesia, dengan ini terus dilakukan dengan berbagai cara, terutama dalam hal strategi pemasaran. 

Brand Manager Wardah Sheilla Firdausa mengatakan, tidak ada target khusus dalam nilai atau value penjualan, namun dipastikan saat ini Wardah telah menjadi market leader dari pada para industri kosmetik lainnya. 

"Kalau kita gak bisa value (target pendapatan) sebenernya, tapi kita pengen tetap menjadi market leader karena sekaramg wardah tetap menjadi market leader," ungkapnya kepada Farah Magz, usai peluncuran New Wardah Exclusive Series, di Hotel Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8). 

Selain itu perempuan yang akrab disapa Firda ini menyebutkan bahwa kinerja Wardah disyukuri selalu mencapai target, bahkan diharapkan mampu lebih meningkatkan sistem market share yang telah diterapkan.

"Sharenya (Wardah) paling tinggi dibandingkan competitor dan selisih nya cukup jauh, terutama kompetitor global maupun lokal, nah kita gak hanya pertahanin sih, tapi pengen meningkatkan lagi market share kita itu," paparnya. 

Dalam upayanya, Firda menjelaskan strateginya adalah kerja sama dengan ritel-ritel toko, sebab pemasaran Wardah kata dia didesign comfort to sale. 

Selain itu keunggulan dari strategi pemasaran Wardah adalah mendatangkan Make Up Artist (MUA) ke daerah-daerah seluruh Indonesia. 

"Jadi bukan hanya kita menawarkan produknya nih dijual di toko tapi kita bisa ngadain lebih intimate kolaborasi contohnya adalah meng-edukasi mereka dengan mendatangkan make up artisnya ke daerah-daerah," paparnya.

"Terus mengajari mereka cara bermake up, apa saja sih benefit-benefit yang ada di produk-produk ini sehingga mereka benar-benar tahu nih prodaknya tuh cocok loh buat mereka dan mereka pede buat berjualan disitu," sambungnya. 

Dengan upaya tersebut kata Firda, menjadikan Wardah tetap di titik market leader. 

"Kira masih market leader dan market share kita udah mencapai 30 persen dan akan mempertahankan atau lebih baik di tingkatkan," kata dia.

Selain itu, Wardah juga memiliki strategi antisipasi apapun yang menjadi tantangan dalan menjalankan industri kosmetik, yakni dengan memperlengkap distributor Wardah di seluruh Indonesia. Hal ini juga untuk mengantisipasi produk palsu Wardah.

"Sempat ada (produk palsu) tapi udah langsung kita tackel gitu masalahnya karena memang kita punya distributor seluruh Indonesia, mungkin kalau brand lain distributornya terpartis kalau kita menghandle selama kita sendiri distributornya," jelasnya. 

Selain itu tantangan lain adalah, sebagian perempuan terkadang tidak loyal dengan satu merk tertentu. Sehingga bagi Wardah hal tersebut harus segera diantisipasi dengan menggaet konsumen agar loyal terhadap satu merk tertentu. 

"Tantangannya konsumen terutama perempuan itu gak loyal ke satu prodak, jadi mereka coba brand-brand lain karena kan semakin terus-terusan brand-bran baik indie, lokal brand, global masuk terus, inovasi prodak cepat banget, kaya gitu jadinya chalenggenya," tuturnya. 

Upaya menyikapi hal tersebut kata Firda, adalah mempersiapkan strategi pemasaran kedepan dengan lebih dinamis namun ketat.

"Developmentnya trus ide-ide sampai trend lima tahun kedepan seprti apa, kita harus capture, lebih dinamis tapi kita lebih cepat juga nangkepnya kebutuhan konsumen," tandasnya. 

Bahkan, ditargetkan pada tahun ini Wardah juga akan mempersembahkan produk barunya sebagai komitmen memperlengkap kebutuhan perempuan Indonesia dalam mempercantik diri. 

"Ya pasti ada prodak-prodak baru, tapi bukan hanya di seriesnya wardah, bukan hanya di make up juga pasti akan ada lagi sih di tahun ini," tandasnya. 

Untuk diketahui, Wardah meluncurkan New Wardah Exclusive Series. Peluncuran ini sebagai komitmen Wardah untuk terus memenuhi kebutuhan wanita Indonesia dalam menghias wajah untuk mendukung berbagai makeup look. 

Selain itu New Wardah Exclusive Series ini dilengkapi 5 formula terbaru yakni Superfine Silky Particles, Oil Absoder, Macamadamia Oil, UV Protection & SPF 30 PA+++, Vitamin E, dan Aloe Vera Extract. 

Disebut Firda, lima formula baru tersebut memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, Flawless Cover yang menghadirkan tampilan tekstur yang lembut, halus, dan tidak kering di wajah. Kedua, Long Lasting sebagai solusi make up yang tahan lama hingga 10 jam. Ketiga, Wearable Color yakni persembahan varian warna yang mampu menyesuaikan jenis dan warna kulit.

Selain Firda, dalam peluncuran ini  hadir juga  Brand Ambassador Wardah Zaskia Sungkar, dan Senior Decorative Formulator Hilda Endang Damayanti.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News