Serah terima sumur resapan dari para mahasiswa Universitas Mercu Buana kepada masyarakat di sekitar Masjid At-Tabayyun, Meruya Selatan/UMB
Serah terima sumur resapan dari para mahasiswa Universitas Mercu Buana kepada masyarakat di sekitar Masjid At-Tabayyun, Meruya Selatan/UMB
KOMENTAR

UNIVERSITAS Mercu Buana (UMB), Kamis (25/4) pagi menyerahkan dua Sumur Resapan (SR) kepada Lurah Meruya Selatan Ghufri Fatchani. Penyerahan secara simbolis ini dilakukan oleh Dr Ir Albert Eddy Husin selaku perwakilan dosen UMB di halaman Masjid At Tabayyun sebagai wujud nyata dari program Proyek Pengabdian Masyarakat (PPM) lembaga perguruan tinggi Mercu Buana.

PPM melibatkan para  mahasiswa S2 dan S1 Fakultas Tehnik Sipil UMB.

“SR ini merupakan sumbangan UMB untuk  warga Meruya Selatan. Kami kemudian memilih lokasi yang tepat sasaran, yaitu di halaman Masjid At Tabayyun. Ini untuk menjamin kenyamanan beribadah para jamaah tanpa gangguan genangan air di sekitarnya,” kata Ghufri.  

Penyerahan sumur resapan dari UMB kepada Lurah Meruya Selatan, Jakarta Barat/UMB

Sumur Resapan ini memiliki banyak keunggulan. Dosen Fakultas Tehnik Sipil UMB Nur Fitriani menceritakan, SR kali ini menggunakan Modulator Tank, serupa blok-blok kubus yang terbuat dari bahan recycled polypropylene (PP) ringan.   Modular tank berfungsi sebagai media untuk menyimpan air atau resapan.

Sejumlah mahasiswa Teknik Sipil UMB mengerjakan sumur resapan di halaman masjid At-Tabayyun/UMB

Modular tank dirancang dan dikembangkan dengan prinsip dan praktek manajemen terbaik untuk pengelolaan air di perkotaan.SR ini sama persis dengan yang digunakan di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah. Konsep SR ini menampung air hujan untuk dapat dipergunakan menyiram tanaman, berwudhu, dan fungsi lainnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada UMB dan Lurah Meruya Selatan atas pemilihan lokasi SR, yaitu di halaman Masjid At Tabayyun ini,” kata Erlangga, mewakili pengurus masjid.




Lembaga Lingkungan Hidup Gugah Kepedulian Lingkungan dan Kesiagaan Bencana

Sebelumnya

Tiara Andini Bicara Pentingnya Merawat Diri dan Memiliki Support System untuk Bangkit dari Momen Terpuruk

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E