Laporan cuaca BMKG 21-24 April 2024/Instagram @infobmkg
Laporan cuaca BMKG 21-24 April 2024/Instagram @infobmkg
KOMENTAR

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah di seluruh penjuru Tanah Air pada Senin, 22 April 2024.

Berikut ini keterangan BMKG dilansir dari laman resminya:

  • Hujan ringan akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia mulai Aceh, Pekanbaru, Palembang, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Serang, Bandung, Palangkaraya, Kendari, Gorontalo, Manado, Mataram, Ternate, Ambon, serta Manokwari.
  • Hujan intensitas sedang akan terjadi di wilayah Medan dan Yogyakarta dengan suhu udara antara 23-33 derajat Celsius.
  • Masyarakat Jambi, Bengkulu, Jakarta, Surabaya, dan Banjarmasin diimbau untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir mulai siang ini.
  • Potensi cuaca hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang bisa terjadi di sebagian wilayah Sumatra Utara juga NTB.
  • Sejumlah daerah seperti Semarang, Denpasar, Mamuju, serta Makassar diperkirakan berawan.
  • Cuaca cerah berawan diperkirakan akan terjadi di Padang, Samarinda, Tarakan, Kupan, serta Jayapura.

Menurut BMKG, potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir salah satunya dipengaruhi oleh adanya MJO (Madden Julian Oscillation) yang aktif di wilayah Indonesia hingga akhir April 2024. MJO yang aktif menyebabkan peningkatan awan hujan di sejumlah wilayah di Tanah Air.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News