Konferensi Halal Fair series 2024 di Menara 165 (23/4)/Setara Digital Creative
Konferensi Halal Fair series 2024 di Menara 165 (23/4)/Setara Digital Creative
KOMENTAR

SUKSES di Jakarta dan Tangerang, WPCitra bekerja sama dengan Jago Syariah kembali menggelar pameran produk halal dan ekonomi syariah Halal Fair series. Dan pada tahun ini, rangkaian Halal Fair series akan dimulai di Kota Yogyakarta pada 3-5 Mei 2024 bertempat di Jogja Expo Centre (JEC).

Selama tiga hari gelaran Halal Fair Series 2024, masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya tak hanya berkesempatan berbelanja produk halal dengan harga spesial, tetapi juga bisa sekaligus bermuamalah, meningkatkan jejaring dan skill bisnis, serta berwisata syariah bersama keluarga.

“Sebagai kota kreatif yang memiliki potensi cukup besar dari sektor kuliner, fesyen, kerajinan, dan produk industri kreatif lainnya, kami optimis Halal Fair mendapatkan respons antusias dari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Apalagi 40 persen exhibitor yang hadir pada event ini bukan hanya berasal di lokal Yogya dan Solo, tetapi juga daerah lain, di antaranya Jabodetabek, Bandung, Tasikmalaya, Semarang, dan Surabaya,” ujar Project Director WPCitra Satrio Sukur pada konferensi pers yang berlangsung di Jakarta (23/4).

Satrio Sukur menyebut ada 111 brand dari berbagai kategori bisnis yang menyemarakkan Halal Fair Yogyakarta. Para tenant datang dari sektor perbankan dan keuangan syariah, halal beauty, travel, fashion, haji & umrah, pendidikan, kuliner, serta multiproduk lainnya.

“Kami juga bekerja sama dengan sejumlah komunitas lokal dan institusi pemerintahan. Halal Fair menjadi ajang kolaborasi untuk memperkuat ekosistem ekonomi syariah, khususnya di wilayah DIY,” tambah Satrio Sukur.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi satu dari delapan provinsi yang masuk dalam prioritas pengembangan ekonomi syariah nasional bersama Aceh, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Berdasarkan catatan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah DIY, tercatat lebih dari 300 ribu UMKM bertumbuh di wilayah Kota Pelajar. Sayangnya, baru sekitar 0,1 persen UMKM yang bersertifikat halal.

Menurut Satrio, Halal Fair series menjadi salah satu ikhtiar untuk mendorong semua pihak terkait, khususnya pelaku UMKM dan otoritas terkait untuk mengoptimalkan potensi industri halal nasional.

Bersama Jago Syariah, Halal Fair Series 2024 diharapkan bisa menjadi sarana inkubasi pelaku bisnis halal sekaligus pengembangan ekonomi syariah nasional. Dalam prosesnya, perbankan syariah memiliki peranan signifikan dalam mendukung ekosistem ekonomi syariah yang inklusif.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Halal Fair yang konsisten diselenggarakan setiap tahunnya. Ini merupakan salah satu komitmen kami untuk mendukung pengembangan industri halal di Indonesia sekaligus (menjadi) upaya kami dalam meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah,” tutur Agung Lesmana, Head of Sharia Financing Bank Jago.

Agung menjelaskan bahwa Jago Syariah telah menjadi mitra sponsor gelaran Halal Fair sejak tahun 2023. Dia berharap, kegiatan-kegiatan positif semacam ini bisa semakin memperkenalkan produk dan layanan Jago Syariah yang terhubung dengan ekosistem digital Indonesia kepada masyarakat luas.

Menurut Agung, penyelenggaraan Halal Fair sesuai dengan aspirasi Jago Syariah untuk selalu di depan menghadirkan solusi keuangan dengan prinsip syariah, yang dapat membantu pengelolaan keuangan nasabah secara praktis bersama dengan orang-orang terdekatnya. Untuk itu, Jago Syariah menawarkan layanan perbankan syariah yang setara dengan konvensional.

“Selama pameran, kami akan memberikan tiket masuk gratis kepada para nasabah baru Jago Syariah dan kami juga menawarkan promo spesial untuk transaksi di tenant-tenant produk UMKM mitra kami. Tak hanya itu, Jago Syariah juga akan memberikan edukasi keuangan kepada para pasangan dan keluarga muda di Yogyakarta agar mampu mengatur keuangan rumah tangga secara syariah,” jelas Agung.

“Kami memiliki program spesial bertajuk Jumat Belajar yang memberikan kesempatan kepada sekolah dan kampus-kampus yang ingin mengetahui dan belajar bisnis secara langsung dari para exhibitor pelaku bisnis halal. Selain tiket gratis kepada para guru, para peserta didik yang ingin berkunjung juga bisa menikmati penawaran buy 1 get 1 free,” ungkap Satrio Sukur.

Untuk menambah semarak acara, WPCitra bekerja sama dengan komunitas seniman lokal Yogyakarta mengadakan workshop seni custom mobil diecast. Pengunjung dapat menyaksikan beragam koleksi custom mobil diecast dan penawaran menarik lainnya selama pameran berlangsung.

Halal Fair Yogyakarta juga dimeriahkan dengan beragam kegiatan lain yaitu Halal Talk oleh Asatidz, Halal Kids, Parenting Talk, Halal Business Talk, Halal & Healthy Food Talk, Beauty Talk, Workshop Teknologi Informasi, juga Ngobrol Hobi dan Muamalah.

“Dengan berbagai penawaran spesial serta program acara menarik dan berkualitas, kami optimis bisa menarik perhatian sebanyak 25 ribu pengunjung selama tiga hari,” tutup Satrio Sukur.

Penjualan tiket untuk umum berlangsung mulai dari tanggal 26 April – 5 Mei 2024. Kamu bisa memilih harga normal untuk satu hari kunjungan (Rp10.000) atau harga bundling yang lebih hemat untuk 2-3 hari kunjungan (Rp17.500-Rp25.000).

Link pembelian tercantum di banner website Halal Fair www.halalfair.co.id atau di link di bio IG https://www.instagram.com/halalfair.id/?hl=en. Kamu juga bisa mendapatkan pre-sale tiket gratis dengan melakukan registrasi via aplikasi Jago Syariah Bank Digital pada 15-30 April 2024.




Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi Raih Indonesia 10 Top Banker Awards 2024

Sebelumnya

Lembaga Lingkungan Hidup Gugah Kepedulian Lingkungan dan Kesiagaan Bencana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E