Tangkapan layar skrining kesehatan mental di laman Mental Health America/mhanational.org
Tangkapan layar skrining kesehatan mental di laman Mental Health America/mhanational.org
KOMENTAR

MASALAH kesehatan mental kini memang semakin mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Isu kesehatan mental bahkan semakin banyak mendapat perhatian dari remaja yang merasa kehidupan mereka jauh dari kata baik-baik saja.

Salah satu cara simpel yang bisa dilakukan untuk mengukur kesehatan mental adalah dengan mengklik kalkulator kesehatan mental yang tersedia secara online.

Poin-poin yang umumnya dipaparkan dalam kalkulator kesehatan mental online meliputi emosi, suasana hati, tingkat stress, pikiran, hubungan dengan orang lain, kejadian masa lalu, juga rencana masa depan.

Berikut ini tiga tautan yang bisa diakses untuk melakukan skrining awal kesehatan mental.

Pertama, https://satupersen.net yang menghadirkan berbagai tes psikologi, di antaranya Tes Tingkat Rasa Kesepian: Loneliness Scale dan Tes Tingkat Keparahan Stres: Mengenal Diri Lebih Dalam.

Kedua, https://www.ibunda.id yang menyediakan tes kesehatan metal meliputi depresi, stress, kecemasan, juga self-esteem. Untuk menginterpretasikan hasil akhir, kamu bisa menyerahkannya ke psikolog (berbayar).

Ketiga, https://screening.mhanational.org yang dikembangkan oleh lembaga nonprofit asal Amerika yang peduli isu kesehatan mental. Kamu bisa menjawab semua pertanyaan yang ada dalam “Take a Mental Health Test” lalu klik “View Results” untuk mengetahui hasilnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan, kalkulator kesehatan mental online ini hanyalah skrining awal untuk mendeteksi kondisi kesehatan mental. Hasil penghitungan tersebut tidak lantas bisa dijadikan landasan apakah seseorang mengalami masalah kesehatan mental atau tidak.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health