Pesona Gunung Bromo/Agoda
Pesona Gunung Bromo/Agoda
KOMENTAR

LIBUR akhir tahun dimulai, sudahkah Sahabat Farah menentukan mau ke mana di akhir tahun kali ini? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Dari puncak gunung berapi yang menjulang tinggi di Jawa hingga lanskap terjal di Sumatera, patut dicoba. Jangan lengkapi perbekalan, terutama membawa baju hangat atau mantel yang pastinya sangat dibutuhkan untuk mendaki gunung, menyelami budaya yang unik, atau sekadar menikmati pemandangan indah.

Berikut ini rekomendasi destinasi wisata yang bisa Sahabat Farah nikmati. Jangan lupa, pesan penginapan melalui platform perjalanan digital Agoda, ya!

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur

Taman nasional ini merupakan destinasi yang memikat dan tak tertandingi bagi para petualang dan pecinta keindahan alam. Pesona Gunung Bromo terletak pada kaldera yang luas, kawah berapi yang mengeluarkan asap, dan langit malam yang berbintang, menawarkan pemandangan yang tak akan terlupakan.

Semeru tak kalah seru. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi rumah bagi Gunung Semeru yang memiliki suhu 10 hingga 20 derajat Celcius. Pendakian ke puncak Gunung Semeru adalah tantangan menarik bagi pada pendaki yang berpengalaman.

Prau, Wonosobo, Jawa Tengah

Berada di ketinggian 2.565 mdpl, suhu di Prau berkisar antara 10-17 derajat Celcius. Sangat ramah bagi pendaki pemula, karena iklimnya bersahabat dan medannya tidak terlalu menantang.

Ada beberapa jalur pendakian yaitu Dieng, Patakbanteng, Kalilembu, Dwarawati, dan Wates. Jalur Patakbanteng paling popular, karena medannya cukup mudah dan pemandangan di sekitarnya yang memukau.

Wamena, Papua

Terletak di wilayah pegunungan Tengah, Papua. Kota kecil ini berada di Tengah sebuah Lembah besar yang sangat subur dan cukup terkenal, yaitu Lembah Baliem. Dikelilingi perbukitan dan berada 1600 mdpl, udara di sana sangat sejuk dengan suhu sekitar 14-26 derajat Celcius.

Jika ingin ke sana, jangan lewatkan berinteraksi dengan suku Dani, suku besar yang ada di Papua. Setelah menjelajahi desa-desa tradisional, Sahabat Farah dapat mengikuti ritual kuno dan ambil bagian dalam acara lokal.

Dataran Tinggi Dieng

DIkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, serta situs-situs budaya dan sejarah yang menarik. Suhu di sana sekitar 10-19 derajat Celcius, sangat nyaman untuk mengeksplorasi aspek sejarah dan religinya.

Di Dieng, tradisi keagamaan Hindu menyatu dalam upacara adat, sementara seni pertunjukan tradisional seperti wayang kulit dan tarian, menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan dan upacara.

Ada pula kerajinan tangan, seperti tenun tradisional, festival budaya (Festival Parade Budaya Dieng), memperkaya pengalaman wisatawan dengan warisan budaya yang kaya dan unik. 

Bukittinggi, Sumatera Barat

Menawarkan pengalaman relaksasi yang tak tertandingi. Terletak di dataran tinggi Minangkabau, kota yang dikelilingi bukit-bukit hijau dan Lembah-lembah yang menawan. Temperatur yang sejuk, antara 16-27 derajat Celcius, mendukung perjalanan relaksasi Sahabat Farah.

Daya Tarik utamanya adalah Ngarai Sianok, pemandangan alamnya menakjubkan dengan dinding batuan yang curam dan hijau, serta sungai yang mengalir di dasarnya. Ada pula Taman Panorama yang menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan.

Berastagi, Sumatera Utara

Cuacanya sejuk, berkisar antara 14-22 derajat Celcius. Terletak di dataran tinggi Karo, diapit oleh keindahan pegunungan dan hamparan Perkebunan yang memukau. Ada Gunung Sibayak dengan pendakian yang menyenangkan dan panorama yang luar biasa.

Lalu, Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk, menawarkan tempat relaksasi yang menyegarkan. Air Terjun Sipiso-Piso dan Bukit Gundaling, lalu Gunung Sinabung yang menjulang tinggi menjadi bagian integral dari panorama yang mempesona.




Empat Strategi Bank Mega Syariah Mempertahankan Likuiditas di Era Suku Bunga Tinggi

Sebelumnya

BJB Tawarkan Program Cashback untuk Transaksi Pembelian dan Penjualan Obligasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon