Yousra saat menerima Golden Tanit di Beirut (14/4)/Instagram @beirutwomenfestival
Yousra saat menerima Golden Tanit di Beirut (14/4)/Instagram @beirutwomenfestival
KOMENTAR

MERAYAKAN 47 tahun kontribusinya di industri film, artis senior Yousra mendapatkan anugerah istimewa Golden Tanit di Beirut Internatioal Women Film Festival 2024 (14/4).

Aktris dan penyanyi berusia 69 tahun itu dianugerahi penghargaan emas yang dipahat dengan indah, dan memastikan ia punya banyak waktu berfoto di atas panggung untuk kemudian dibagikan kepada para penggemarnya.

“Penghargaan sangat berarti bagi saya, besarnya cinta yang saya lihat dari masyarakat Lebanon meskipun kesulitan yang mereka alami adalah hal yang sangat penting dalam sejarah saya, terima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam kepada Beirut International Women Film Festival dan salam saya untuk seluruh masyarakat Lebanon,” demikian United Nations Goodwill Ambassador itu menulis di laman media sosialnya.

Dikutip dari Egypt Today, Yousra adalah seorang aktris Mesir, penyanyi, dan ikon artistik yang diakui secara internasional. Dia adalah salah satu aktris paling terkemuka tidak hanya di Mesir tetapi juga di kawasan Arab.

Yousra lahir pada 10 Maret 1951 sebagai Sevin Hafez Nesim. Pada tahun 1980, ia memulai debutnya di film “Athkiya' Laken Aghbiya” (Cerdas namun Bodoh).

Yousra tampil di berbagai film seperti “Kasr Fel Hawaa” (Castle in the Air), “Fatah Tabhath Ann al-Hob” (Seorang Gadis Mencari Cinta), “Alf Bossa Wa Bossa” (Seribu Satu Ciuman), dan “Ebtessama Waheda Takfi” (Satu Senyuman Cukup).

Yousra sukses membentuk duo dengan superstar Adel Emam, hal itu membuahkan sejumlah film sukses yang memperkaya perfilman Mesir seperti “Shabab Yarkoss Fawk al-Nar” (Youth Dancing on Fire), “Al-Ensan Yaeesh Mara Waheda” (Manusia Hanya Hidup Sekali), “Ala Bab al-Wazeer” (Di Pintu Menteri), “Al-Avocato” (Pengacara), “Al-Ins Wal-Gen” (Manusia dan Goblin), “ Karakoun Fel Shareih” (Kantor Polisi di Jalan), “Al-Mansi” (Yang Terlupakan), “Al-Irhab Wal Kabab” (Terorisme dan Kebab), “Toyour Al-Zalam” (Burung Kegelapan), dan “ Bobo”.

Nama Yousra dipilih Arabian Business masuk dalam 100 Perempuan Arab Paling Berpengaruh di Dunia dan oleh Timur Tengah ke dalam 50 Orang Arab Paling Berpengaruh.

Pada tahun 2015, ia dianugerahi Cinema Award dalam Arab Women of the Year yang digelar di London.

Sepanjang karier seninya, Yousra dianugerahi lebih dari 60 penghargaan lokal, regional, dan internasional, yang paling menonjol adalah di Festival Film Cannes dan Festival Film Venesia.

Kerja sama Yousra dengan sutradara terkenal internasional Youssef Chahine sangat mempengaruhi kariernya.

Di antara film-film pentingnya bersama Chahine adalah "Hadduta Masreya" (An Egyptian Tale), "Iskendereya Kaman we Kaman" (Alexandria More and More), dan "Al-Mohager" (The Immigrant).

Setelah menjalani karier yang panjang, termasuk 85 film dan 20 serial televisi, Yousra mulai mendedikasikan sebagian karyanya untuk isu-isu sosial, khususnya perdagangan manusia. Dia juga terlibat dalam pekerjaan kemanusiaan dan advokasi untuk perempuan dan anak-anak. Yousra bahkan berpartisipasi dalam sesi Forum Ekonomi Dunia di Swiss, Yordania, dan Mesir terkait aktivitas kemanusiaan yang ia jalani.




Nurhayati Subakat: Dari Tujuan Sederhana, Wardah Terus Memberi Manfaat kepada Banyak Perempuan

Sebelumnya

Raih Nusantara Award 2024, Anna Mariana Konsisten Lestarikan Wastra Nusantara Serta Memajukan Pelaku UMKM dan Ekraf

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women