Ilustrasi orang yang mengalami stres/Unsplash
Ilustrasi orang yang mengalami stres/Unsplash
KOMENTAR

BANYAK dari kita pernah mengalami stres akibat berbagai urusan hidup yang kompleks.

Stres yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan mental, emosional, maupun fisik. Stres muncul ketika kita menghadapi tekanan yang membuat kita merasa takut serta cemas berlebih hingga munculnya keluhan fisik seperti keluar keringat dingin dan sakit perut.

Untuk itu, amat penting bagi kita untuk mampu melakukan manajemen stres. Dengan kemampuan mengelola emosi yang baik, kita tidak akan menjadi manusia rapuh yang mudah tumbang saat diterpa masalah.

Berikut ini cara-cara sederhana manajemen stres yang dapat kita lakukan di rumah.

1. Melakukan aktivitas fisik

Saat kita melakukan aktivitas fisik, seluruh bagian tubuh dibuat bergerak. Faktor ini dapat mengurangi timbulnya stres yang kita rasakan. Aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membantu melepaskan ketegangan akibat stres yang bertumpuk.

2. Menerapkan teknik pernapasan

Melakukan teknik pernafasan dalam berguna untuk meningkatkan aliran oksigen menuju ke sel-sel pada otak. Dengan melakukan teknik ini, tekanan dalam otak akan lebih rileks sehingga kemampuan berpikir akan lebih jernih.

Teknik pernapasan dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Mengatur posisi tubuh dengan duduk tegak.
  • Menutup kedua mata serta membayangkan diri kita telah berada di tempat yang lebih nyaman.
  • Menarik napas secara perlahan dan mengeluarkannya perlahan-lahan.
  • Lakukan selama 5-10 menit.

3. Melakukan hobi

Melakukan hobi yang merupakan kesenangan kita menjadi sarana untuk melepaskan emosi, menjaga mood, dan mendapat ketenangan.

4. Menjaga pola makan

Mengurangi stres bisa dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Dengan menjaga pola makan, pikiran akan jauh lebih terkendali.

Dengan menerapkan keempat cara tersebut, kita dapat mengelola stres dengan baik. Namun jika mengalami gejala stres yang tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk mencari bantuan dari para psikiater dan tenaga medis profesional.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health