@jamilatus.sadiyah
@jamilatus.sadiyah
KOMENTAR

KEHAMILAN dan persalinan anak biasanya dianggap sebagai “woman’s job”. Yang wajib memperluas wawasan, menjaga kesehatan, mengikuti kelas senam hamil adalah calon ibu. Sementara sang suami alias calon ayah, biasanya memberi dukungan dengan mengantar jemput istrinya untuk kontrol ke dokter dan bersiaga manakala hari melahirkan makin dekat.

Kondisi itulah yang coba diubah oleh Jamilatus Sa’diyah, seorang bidan yang juga instruktur Pre-Postnatal Yoga & Pilates serta hypnobirthing. Ia merupakan founder dari Bumilpamil, edukasi holistik untuk bumil dan pamil (calon ibu dan calon ayah).

Dengan memegang filosofi “setiap janin di dalam rahim membawa visi misi yang mulai dari Pencipta”, Bidan Mila berinisiatif untuk membuka kelas pendidikan holistik terkait kehamilan, persalinan, dan perawatan setelah melahirkan. Yang menarik, sesuai namanya Bumilpamil, maka peserta kelasnya adalah pasangan suami istri.

Salah satu peserta Bumilpamil yang tak asing adalah artis Nikita Willy dan suaminya, Indra Priawan.

“Belajar hypnobirthing bersama suami benar-benar mengubah mindset laki-laki. Yang awalnya dia pikir hamil dan melahirkan adalah tugas satu orang (perempuan) dan itu adalah’tubuhmu’ dan ‘bayimu’, dia akhirnya menyadari bahwa itu adalah ‘tubuh kita’ dan ‘bayi kita’. Dan suami juga sangat dekat secara emosional dengan anak, selalu ngobrol dengan anak dari saat dalam kandungan hingga sekarang,” ujar Niki berbagi pengalamannya mengikuti Bumilpamil.

Menjadi bidan, diakui Bidan Mila karena inilah tenaga kesehatan yang menjadi teman, pendamping utama dan pertama perempuan untu menghadapi dunia sebagai seorang ibu. Dia memang sudah tertarik dengan dunia kesehatan sejak masih duduk di bangku SMP, termasuk soal kesehatan reproduksi.

Pengalaman tentang kesehatan holistik ibu hamil termasuk hypnobirthing dipelajari selama ia bekerja dengan Lanny Kuswandi, pakar hypnobirthing Indonesia.

Kini, tak hanya memberi edukasi bagi para calon ibu dan calon ayah, Bidan Mila juga melatih para bidan muda dan tenaga kesehatan lain untuk bisa ikut menjadi instruktur di Bumilpamil.

Sang suami, Fadli Fadhlurrohman, tak segan memuji dedikasi sang istri untuk dunia kesehatan di Indonesia. Fadli menyebutkan bahwa sang istri juga aktif mengajar kelas offline maupun online untuk semua kelas sosial ekonomi agar semakin banyak calon ibu dan calon ayah yang memahami bahwa melahirkan adalah proses alami yang memberikan pengalaman positif.

Seiring pengabdiannya kepada masyarakat, namanya pun menjadi terkenal di kalangan selebritas Tanah Air. Selain Nikita Willy, pasangan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar diketahui juga mengikuti kelas Bumilpamil.

Tak hanya di dalam negeri, Bidan Mila juga mengukir prestasi internasional dengan menjadi Best Speaker Presentation dalam ICM (International Confederation of Midwives) tahun 2016. Dia juga mewakili Indonesia menyampaikan presentasi di kongres kebidanan internasional di Spanyol tahun 2018.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women