post image
KOMENTAR

TAHUN ini Kota Ivanova genap berusia 148 tahun. Kali ini perayaan ulang tahun kota yang terletak 300 kilometer dari Moskow di arah timur laut tidak biasa.

Sejumlah pertunjukan kesenian Indonesia memeriahkan perayaan ulang tahun itu dan memikat perhatian warga Ivanova. Kemeriahan dimulai sejak tanggal 25 Mei.

Tim yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, ini menampilkan berbagai acara seperti pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, dan lokakarya tari.

Keunikan alat-alat musiknya yang membentuk suatu orkestra membuat gamelan menyita perhatian warga. Ketertarikan masyarakat ditambah ketika dua pesinden berkewarganegaraan Rusia, Yulia Ryzhaya dan Anna Zhikhareva menyanyikan beberapa lagu seperti Selendang Biru, Simpang Lima, Aja Dipleroki, Ayun Ayun, dan Kuwi Apa Kuwi.

Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow asuhan Tri Koyo ini bahkan turut mengiringi acara fashion show yang menampilkan desainer lokal.

“Ini adalah penampilan gamelan di kota keempat di Rusia dalam dua tahun terakhir, setelah Moskow, Moskow Region, Kazan dan St. Petersburg. Untuk kedua kalinya pula gamelan mengiringi acara fashion show di Rusia. Hal ini menunjukkan bahwa musik tradisional Indonesia semakin diterima di Rusia,” kata Dubes Wahid dalam sambutannya di sela-sela pentunjukan gamelan.

Acara semakin meriah dengan penampilan tarian dari berbagai daerah Indonesia oleh Kirana Nusantara Dance yang juga binaan KBRI Moskow asuhan Elizabeth Nur Nilasari.

Di antara tarian-tarian tersebut adalah Tari Tifa (NTT), Tari Incling Jangget (Jateng), Tari Enggang (Kaltim), Tari Piring (Sumbar), Tari Golek Kenya Tinembe (Yogyakarta), Tari Cendrawasih (Bali), dan Tari Margapati (Bali).

Ada juga tarian interakatif Syantik dan Gemu Famire yang melibatkan pengunjung. Selain gerakan-gerakan dan musiknya, kostum tari yang dikenakan penari menarik perhatian pengunjung.

Mulai Juli Vietjet Terbang ke Bali Setiap Hari

Sebelumnya

1.111 Paket Sembako Dibagikan Yayasan Al Iman Antara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA