post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KABAR duka datang dari pasangan Irish Bella dan Amar Zoni. Bayi kembar mereka yang baru berumur 7 bulan di dalam kandungan, meninggal dunia, Minggu (6/10).

Apa yang dialami Irish Bella, dalam ilmu kedokteran disebut stillbirth. Ciri-cirinya adalah sering mengalami pendarahan dan kontraksi. Akibatnya, perut merasa tegang dan harus menjalani perawatan.

Situs March of Dimes menyebutkan, gejala stillbirth sebenarnya sangat umum, sehingga para calon itu kerap mengabaikannya. Gejala itu seperti memar, batuk, radang tenggorokan atau rasa pusing.

Namun sebenarnya ada gejala yang paling umum, seperti bayi tak lagi terasa aktif bergerak dan menendang. Kemudian keram, nyeri, dan pendarahan dari vagina seperti yang dialami Bella. Jika sudah begini, sebaiknya segera ke rumah sakit.

Di sana nanti akan dilakukan cek melalui ultrasonografi (USG) untuk melihat apakah jantung bayi telah berhenti berdetak.

Jika didapati bayi meninggal di dalam kandungan, maka sesuai keadaan medis bayi harus tetap dilahirkan. Jika ingin normal, biasanya menunggu dua minggu setelah kepastian vonis janin meninggal di dalam lahir.

Jika kelahiran dipaksa dengan induksi agar air ketuban pecah dan memicu kontraksi, maka itu artinya kondisi bayi dapat membahayakan nyawa sang ibu. Di sini akan dilakukan pembedahan dan evakuasi, di mana serviks akan dibuka untuk menyingkirkan jaringan dari dinding rahim. Dan terakhir adalah dengan metode caesar.


Samakah Dengan Keguguran?

Dikutip dari Healthline, stillbirth dan keguguran memiliki definisi yang sama. Yang membedakan hanya waktu terjadinya saja. Stillbirth terjadi saat bayi meninggal dalam kandungan pada usia antara 20 minggu kehamilan hingga waktu kelahiran. Sedangkan keguguran terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu.

Ada tiga klasifikasi stillbirth berdasarkan waktunya, yaitu bayi meninggal pada minggu 20-27 disebut early stillbirth, pada 28-36 disebut late stillbirth, sedangkan setelah 37 minggu disebut term stillbirth.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), stillbirth memengaruhi sekitar 1 dari 100 kehamilan. Dan setiap tahunnya, ada sekitar 24 ribu bayi lahir mati (stillbirth) di Amerika Serikat,

Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya stillbirth, seperti komplikasi kehamilan, masalah plasenta, dan infeksi. Masalah stillbirth ini juga terkadang tidak diketahui penyebabnya dengan jelas. (F)

9 Tips "Berdamai" Dengan Depresi Ala Psikolog Mellissa Grace

Sebelumnya

Kisah Ibu Galang Dana Untuk Sembuhkan ‘Sisik’ Sang Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World