post image
KOMENTAR

KEBERADAAN Muslim di negeri kerajaan itu berhubungan dengan East India Company yang  dikenal sebagai laskar dari India. Setelah dibukanya terusan Suez tahun 1869, arus imigran pun meningkat dan  jumlah  kaum  Muslim di Inggris semakin banyak.  Keberadaan kaum muslim inilah yang akhirnya mendorong mereka untuk mendirikan bangunan sebagai tempat ibadah mereka.

Mualaf pertama di negeri Kerajaan Inggris adalah seorang tokoh kenamaan Inggris, Dia  semula mencoba memahami Islam dan menemukan kedamaian di dalamnya. Laki-laki ini bernama William Henry Quilliam, kelahiran Liverpool, 10 April 1856.

William  berasal dari keluarga kaya raya. Ayahnya, Robert Quilliam, adalah seorang pembuat jam. William kecil sudah mendapatkan pendidikan yang memadai. Agama Islam dikenalnya ketika ia mengunjungi wilayah Perancis Selatan pada tahun 1882.

Sejak saat itu, ia mulai banyak mempelajari mengenai Islam dan ajarannya. Ketertarikannya terhadap Islam semakin bertambah manakala ia berkunjung ke Aljazair dan Tunisia. William mengganti namanya menjadi Abdullah Quilliam. Dengan menyandang nama baru ini, William gencar mempromosikan ajaran Islam kepada masyarakat Liverpool.

Untuk mendukung syiar Islam di kota Liverpool, ia berinisiatif untuk mendirikan sebuah lembaga khusus bagi orang-orang yang ingin mengetahui dan belajar tentang Islam. Maka, pada 1889, ia pun mendirikan Liverpool Muslim Institute.

Masjid tertua di Inggris adalah Masjid Shah Jahan dibangun di Woking pada tahun 1889. Menariknya, Shah Jahan menjadi masjid pertama yang dibangun di Inggris dan Eropa Utara serta masuk dalam daftar bangunan cagar budaya.

Mesjid ini memiliki rupa yang sangat cantik bergaya India Mughal. Nama masjid ini diambil dari nama Shah Jahan Begum, salah satu dari empat penguasa Muslim dari India yang memerintah antara 1819 dan 1926. Shah Jahan Begum menyumbang sangat besar untuk pembangunan masjid ini.

Muslim di Inggris  hidup  dalam  kelompok-kelompok  atau organisasi sesuai dengan aspirasi dan dari mana mereka berasal. Dua organisasi terbesar  adalah Deobandis dan Barelwis.  Dua kelompok ini juga sangat tekenal di India. Kelompok  dan  ajaran sufi  juga berkembang di masyarakat  Islam  Inggris.

Kini, Islam menjadi agama terbesar kedua di Inggris. Penduduk Muslim terbesar di Inggris berada di Kota Tower Hamlets, di sebelah timur Kota London. Kota tersebut menjadi satu-satunya kawasan di mana jumlah Umat Islam melebihi Umat Kristiani.  Bahkan, Lutfur Rahman menjadi satu-satunya walikota Muslim di Inggris.

Alquran Bertulis Tangan dan Terpanjang di Dunia

Sebelumnya

Pembangunan Pondok Pesantren Pertama di Amerika Serikat Sedang Disiapkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Islamic World