post image
KOMENTAR

BAGI Chicha, menjadi calon legislatif adalah satu cara berterima kasih kepada rakyat Indonesia. Nama besar keluarga tidak membatasinya untuk mengabdi. Lillahi ta’ala, itulah kunci hidupnya.

Nama Mirza Riadiani tampil sebagai calon anggota legislatif DPR RI nomor urut 4 daerah pemilihan DKI 1, Jakarta Timur. Jika tidak ada fotonya, mungkin kebanyakan kita tidak akan ngeh dengan nama itu. Namun setelah melihat wajahnya dengan senyum khas dan nama Chicha Koeswoyo terpampang di baliho, masyarakat langsung mengenali sosoknya.

Putri pertama pasangan Nomo Koeswoyo dengan almarhumah Fatimah Francisca ini merupakan mantan penyanyi cilik era 70-an yang sangat terkenal pada masanya. Sebut saja lagu Helli yang masih familiar hingga saat ini. Menghilang dari dunia permusikan Indonesia, memilih menjadi ‘orang biasa’ dengan bekerja di bank lalu memiliki usaha, kini Chicha muncul sebagai caleg DPR RI. Tim Farah berkesempatan mengikuti blusukan yang dilakukan ibu dua anak tersebut ke daerah Ciracas, Jakarta Timur.

F: Selain politik, apa saja kegiatan ibu selama ini?

CK: Sebenarnya semua ini di luar gambaran saya sendiri. Di usia yang sudah 50-an, anak-anak sudah pada mentas, alhamdulillah mereka sudah kuliah. Saya juga sudah selesai dengan ‘panggung’ saya sendiri. Sejak kecil sampai umur 20-an saya selalu benar-benar dekat dengan masyarakat. Setelah itu saya menghilang, karena saya masuk ke chapter dua dalam hidup saya (berumah tangga). Saya benar-benar mendedikasikan diri untuk suami dan anak-anak.

Nah, kegiatan saya sekarang terjun ke posyandu-posyandu, bertemu masyarakat. Ini semua adalah kegiatan yang pernah saya jalani dulu, saya merasa seperti dejavu. Blusukan memberi kebahagiaan tersendiri buat saya.

F: Persiapan apa saja yang dilakukan sebelum memutuskan terjun ke politik?

CK: Yang pasti pertama-tama harus menyiapkan mental karena ini dunia baru buat saya. Kedua, mempelajari apa saja yang harus dikerjakan seorang caleg. Kebetulan, untuk di Kelurahan Susukan, Ciracas, Jakarta Timur ini, saya berpasangan dengan Pak Bariyanto (Caleg DPRD Nomor 7, Dapil DKI 6, Jakarta Timur).

Pertama kali terjun ke politik, bingung? Pasti. Beruntung ada Pak Bariyanto yang mengajarkan banyak hal tentang politik dan apa yang seharusnya saya lakukan di dunia politik. Pada akhirnya ‘pagar’ itu terbuka sendiri dan feel-nya dapat.

Wu Yajun, Pebisnis Properti yang Menghargai Talenta Karyawannya

Sebelumnya

Jangan Hanya Bermodal Cinta Saja, Perempuan Butuh Laki-laki Mapan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women World