post image
source: @princesssyahrini
KOMENTAR

#RESTU yang diunggah pasangan selebriti Syahrini dan Reino Barack dalam setiap foto dan video pernikahan yang mereka unggah menekankan pentingnya restu orangtua dalam sebuah pernikahan. Dengan restu orangtua, doa mereka akan menjadi kekuatan besar yang mampu menurunkan rida Allah Swt.  Terlepas dari pro dan kontra pernikahan dua selebriti tersebut, dengan restu orangtua, kebahagiaan berumah tangga akan terasa lebih sempurna.

Cinta Vs Restu

Bagi laki-laki, menikah tanpa dihadiri orangtua atau wali memang tidak berpengaruh pada sahnya pernikahan. Namun demikian, akan lebih terasa khusyuk dan syahdu jika orangtua memberikan restunya.

Mengapa restu tak kunjung didapat? Apa alasan orangtua menolak keinginan anak laki-lakinya? Apakah karena orangtua merasa anak mereka belum cukup mapan? Atau tidak setuju karena calon istri yang dinilai tidak baik perangainya?

Pun, bagi seorang perempuan, tanpa ada restu orangtua, tentulah ia tidak dapat menikah. Wali dalam Islam adalah syarat sah menikah.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad dan Abu Daud, Rasul bersabda “Tidak ada pernikahan kecuali dengan wali.” Disebutkan pula dalam hadits lain dengan riwayat yang sama (Ahmad dan Abu Daud), “Perempuan mana saja yang menikah tanpa izin wali, nikahnya batal, nikahnya batal, nikahnya batal.

Kita banyak melihat pernikahan dengan wali yang bukan ayah mempelai perempuan melainkan kakek, adik, paman, atau wali hakim, karena sang ayah menolak menikahkan putrinya.

Tanpa Restu, Apa Jadinya?

Lantas bolehkah menikah tanpa restu orangtua? Tentang pertanyaan ini, Ustaz Abdul Somad sebuah kesempatan menyatakan, “Tidak perlu taat kepada makhluk kalau menyebabkan durhaka kepada Khalik.”

Pintu Hisab Baru Bernama Media Sosial

Sebelumnya

Tantangan Berat Menjadi Muslim Rahmatan Lil Alamin Saat Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Islamic World