Lesti Kejora/ Foto: Instagram @aldiphoto
Lesti Kejora/ Foto: Instagram @aldiphoto
KOMENTAR

INDONESIA yang kaya akan ragam budaya memiliki berbagai tradisi upacara pernikahan dan busana pengantin yang memukau. Dalam upacara pernikahan, adat Sunda menjadi salah satu adat yang cukup sering dipakai saat pesta pernikahan.

Pernikahan adat Sunda memang terkesan sederhana, namun sekaligus memberikan kesan elegan. Riasan pengantin Sunda juga sarat akan makna.

Pengantin wanita menggunakan siger atau mahkota terbuat dari campuran logam dan permata, yang menandakan bahwa wanita yang akan menikah tersebut merupakan ratu di hari pernikahannya. Sedangkan hiasan bunga, melambangkan kesetiaan dan kecantikan sang pengantin wanita.

Penggunaan siger juga bermakna harapan akan rasa hormat, kearifan, dan kebijaksanaan dalam pernikahan. Adapun busana mempelai pria melambangkan kewibawaan serta kejantanan.

Berikut rangkuman sederet nama artis yang tampil memesona dengan balutan busana adat Sunda.

Lesti Kejora dan Rizky Billar

Penyanyi dangdut Lesti Kejora resmi dipersunting oleh pesinetron Rizky Billar pada tanggal 19 Agustus 2021 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Momen pernikahan keduanya kental dengan adat Sunda, sejak awal rangkaian prosesi pernikahan, mulai dari lamaran, siraman, sampai akad.

Saat akad nikah, Lesti terlihat memesona dengan balutan kebaya putih, hijab, dan siger khas Sunda yang menghiasi kepalanya. Baik Lesti maupun Billar sama-sama mengenakan busana pengantin yang dirancang desainer Renzi Lazuardi dan hijab pernikahan Lesti ditata oleh Jatu Purwanti.

Citra Kirana dan Rezky Aditya

Pesinetron Citra Kirana dipersunting oleh Rezky Aditya pada tanggal 1 Desember 2019. Perempuan yang kerap disapa Ciki itu tampil anggun mengenakan kebaya hijab putih dan siger khas Sunda yang dilengkapi untaian ronce melati yang semakin membuatnya terlihat stunning. Untaian melati sendiri bermakna kesucian bagi seorang perempuan.

Ciki tampil dengan make up nude sehingga terlihat kalem, dan riasan khas Sunda yang mampu memancarkan aura kecantikannya.

Syahrini dan Reino Barack

Penyanyi yang terkenal akan gaya berbusananya yang selalu cetar membahana ini dipersunting oleh seorang pengusaha sukses, Reino Barack, pada tanggal 27 Februari 2019 di Masjid Camii, Tokyo, Jepang.

Pelantun lagu "Jangan Memilih Aku" ini tampak flawless  dengan kebaya putih dan siger Sunda bak mahkota. Tak hanya busana pengantin yang dikenakan, riasan Syahrini yang sederhana namun tetap elegan juga menjadi sorotan karena membuat orang-orang pangling.

Raisa Andriana dan Hamish Daud

Penyanyi cantik Raisa Andriana atau yang kerap dipanggil Yaya melepas masa lajangnya dengan Hamish Daud pada 3 September 2017.

Raisa terlihat anggun dengan balutan kebaya Sunda. Kebaya Sunda identik dengan warna putih yang bermakna kesucian sang pengantin.

Sementara itu, Hamish juga terlihat gagah mengenakan pakaian khas Sunda berwarna putih senada dengan istrinya dan penutup kepala bendo bermotif batik.

Hingga kini, menjelang empat tahun pernikahan mereka, Raisa dan Hamish selalu terlihat harmonis. Mereka pun telah dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Zalina Raine Wyllie.




Jadi Discover The Unseen Ikon Make Over, Isyana Sarasvati Pamerkan Lip Gloss Andalan

Sebelumnya

Makeup untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga