post image
KOMENTAR

DI usia delapan tahun, Akeyla sudah layak menyandang profesi fashionpreneur. Produktivitasnya dalam merancang busana untuk anak-anak dan dewasa telah menghasilkan karya yang telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Melihat, Meniru, Mendisain

Akeyla Naraya Alyandina yang lahir di Jakarta, 4 Februari 2010 ini merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Sejak usia dua tahun, putri pasangan Rahmat Raharja dan Inawati ini sudah gemar menggambar. Kegemarannya menggambar memang ditularkan dari sang Ibu yang memiliki usaha konveksi. Ketika usia lima tahun, Akeyla yang sering melihat sang Ibu membuat disain pakaian, kerap menirunya. Hingga di usia tujuh, sudah banyak gambar rancangan yang ia hasilkan. Awalnya Akeyla menggambar disain baju menggunakan spidol.

“Sekarang Akeyla membuat sketsa menggunakan pensil lebih dulu, baru kemudian diberi variasi warna. Gambarnya sekarang lebih rapi dan detail. Satu hari hanya bisa membuat tiga rancangan. Total sudah ratusan sketsa yang ia gambar, dan sudah ribuan busana yang dihasilkan,” jelas Ina.

Melihat talenta Akeyla yang luar biasa, pada 2017 sang Ibu memfasilitasi Akeyla untuk belajar di TimiSaschi Fashion Artist yang merupakan tempat berbagi ilmu seputar menggambar fesyen dan menggambar konsep yang berbasis daring. Di tahun itu juga Akeyla berkesempatan menggelar fashion show Festival Indonesia di Moskow, Rusia. Sejak saat itu, hampir setiap bulan Akeyla menggelar fashion show.

Akeyla juga rutin menggelar fashion design workshop bersama Fufu Hood. “Biasanya seminggu dua kali Akeyla mengadakan roadshow “Belajar Bareng Akeyla”. Dengan adanya workshop tersebut, selain Akeyla semakin mengasah talentanya juga dapat menjadi wadah bagi mereka yang ingin belajar merancang busana dengan biaya yang sangat terjangkau,” tutur Ina.

Kesibukan Makin Padat

Ditemui di kediamannya yang terletak di Wisma Asri Bekasi Utara, sore itu Ibu Ina dan Akeyla baru tiba dari rapat bersama di Pemda Bekasi untuk acara Bekasi Fashion Week (BFW) yang akan dihelat pada pada 24-25 November 2018. Ini merupakan tahun kedua Akeyla ikut meramaikan. Rencananya Akeyla akan menggunakan model sahabat-sahabat disabilitas (Tunarunggu dan Tunawicara) yang berasal dari Sekolah Luar Biasa Bekasi. Di gelaran tersebut Akeyla akan menampilkan kreasi Batik Bekasi. Melalui show ini pula, Ibu Ina ingin mengakomodir teman-teman workshop lain untuk bisa menampilkan hasil karya mereka.

Akeyla menunjukkan beberapa busana rancangannya dengan tema Glamour yang akan dipakai oleh para finalis Smart Model Look, yang digelar di Bali pada 21 oktober 2018. Sebelumnya pada tanggal 19 Oktober, Akeyla juga menggelar show di acara BFI Finance yang berlokasi di Lounge XXI Mega Mall Bekasi dengan menampilkan dua tema, Rain Out dan Batik Lamongan.

Boeyoenq Dan Kekayaan Budaya Nusantara Di Atas Catwalk Moeslim Choice

Sebelumnya

Pelangi Wastra Indonesia Goes to Den Haag

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion