Produk-produk fesyen Everina di New York yang keseluruhannya memakai bahan-bahan berkelanjutan/Net
Produk-produk fesyen Everina di New York yang keseluruhannya memakai bahan-bahan berkelanjutan/Net
KOMENTAR

PRODUK fesyen di Amerika Serikat kedatangan tamu istimewa, sebuah produk tas ramah lingkungan buatan diaspora Indonesia Emelie Conroy. Terinspirasi dari kreasi unik dan berkualitas para pengrajin di Bali dan Yogyakarta, Emelie yang memiliki latar belakang di bidang pemasaran, kemudian mendirikan bisnis tas di bawah jenama Everina.

Melalui Everina, Emelie fokus para beragam jenis tas yang terbuat dari bahan-bahan berkelanjutan yang ramah lingkungan seperti rotan, eceng gondok, dan rumput ate. Semua bahan didatangkan langsung dari Indonesia.

“Dari 2018, animo masyarakat fesyen sebenarnya sudah menuju pada fashion green atau sustainable fashion. Dari situ aku melihat, kenapa enggak Indonesia meng-highlight bahwa kita juga bisa memproduksi sustainable fashion,” kata Emelie, seperti dikutip dari VOA, Kamis (7/7).

“Sangat indah dan dibuat dengan sangat baik. Aku belum banyak melihat di Amerika brand yang benar-benar purely orang Indonesia yang punya dan segala koleksinya adalah asli buatan pengrajin Indonesia,” lanjut dia.

Salah satu yang memberikan dukungan besar kepada Emelie adalah Gondang Puti Renosari, direktur konservasi untuk Asia Pasifik dari organisasi nirlaba The Nature Concervancy, yang berpusat di Virginia, AS.

Eceng gondok sendiri dipilih selain untuk mengurangi laju penyebaran spesienya, juga sebagai bahan dasar produk-produk fesyen Everina. Adalah Ieko Damayanti, pendiri usaha di bidang kerajinan eceng gondong sejak 2017 yang menyokong produk fesyen eceng gondok untuk Everina.

Ieko menjelaskan, proses pembuatan tas biasanya memakan waktu sekitar 6-9 bulan, mulai dari pemberian hasil desain hingga proses pengiriman sampel.

“Positif banget buat usaha aku, karena dengan kita bekerja sama dengan Kak Emelie, misalnya, artinya kita sudah melakukan ekspor. Jadi ada kebanggaan sendiri ketika produk kita diminati oleh pecinta fesyen di luar negeri,” ucap Ieko.

Produk-produk Everina dihargai sekitar 1,5 hingga 3 juta rupiah. Pecinta fesyen bisa menemukannya di sekitar 120 butik di sana, di antaranya di negara bagian Florida, Texas, dan South Carolina.

Dan belum lama ini, produk-produk Everina disorot oleh majalah fesyen Vogue versi Inggris dan The Daily Front Row di AS. Tidak hanya itu, Emelie berhasil mendapatkan penghargaan Design Excellence Awards (2022) dari Accessories Council di New York untuk koleksinya yang diberi nama Sunny.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Sentuhan Mewah dan Nyaman untuk Perempuan Urban Rancangan Pricilla Margie

Berikutnya

KOMENTAR ANDA