Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KEHADIRAN orangtua menjadi hal terpenting dalam tumbuh kembang anak. Orangtua bagaikan petani yang siap menanam benih, memberikan pupuk, merawat, hingga kemudian memanen hasil yang memuaskan.

Bagaimana dengan orangtua yang bekerja? Tidak ada salahnya kedua orangtua bekerja untuk memenuhi kebutuhan buah hati. Namun setidaknya luangkan waktu yang berkualitas agar kedekatan dengan anak tetap terjaga. Terutama di masa pandemi yang tetap mewajibkan ayah dan bunda menyelesaikan pekerjaan kantor dari rumah.

Ada 7 tips yang bisa diikuti oleh parents yang punya kesibukan luar biasa.

1. Sediakan waktu khusus
Waktu khusus itu bisa hari Minggu atau hari apapun yang ayah dan bunda rasa beban pekerjaan sudah cukup ringan atau bahkan tidak ada sama sekali.

Waktu khusus tersebut tidak perlu diisi dengan jalan-jalan ke tempat wisata, tapi cukup bercengkrama dengan anak, menanyakan apa saja yang si kecil lakukan selama seminggu ini, serta membantu pekerjaan rumah anak.

2. Buat jadwal dengan jelas
Untuk masa pandemi ini, dimana pekerjaan dilakukan di rumah (work from home), maka buatlah jadwal kerja yang jelas. Jika jam kerja tersebut hingga pukul 04.00 sore, pastikan setelah itu ayah bunda tidak melakukan pekerjaan kantor lagi. Namun bila terpaksa harus, sampaikan pada anak agar anak mengerti.

3. Hindari melampiaskan kemarahan pada anak
Beban pekerjaan yang tinggi ditambah tekanan pandemi, memang membuat parents berada dalam kondisi yang luar biasa 'menegangkan'.

Jika sudah lelah dalam pekerjaan, atau bila stres, segera ceritakan keluhan kepada pasangan atau ambil waktu istirahat dengan berjalan-jalan ke halaman rumah atau mengerjakan hal yang ayah bunda suka. Hindari melampiaskan kemarahan parents dengan membentak anak.

4. Berikan anak pengertian tentang pekerjaan orangtuanya
Meskipun belum paham betul apa yang ayah bunda bicarakan, jelaskan saja pada anak mengenai pekerjaan kantor yang sedang dikerjakan.

Dengan begitu anak akan paham, mengapa parents memerlukan waktu untuk mengerjakannya dan untuk apa ayah dan bundanya bekerja.

Penjelasan seperti ini juga berguna agar anak tidak membandingkan pekerjaan ayah bunda dengan orangtua lainnya.

5. Temani anak bermain
Selelah apapun kita, luangkan waktu ektra untuk menemaninya bermain, walaupun hanya 5 menit. Jangan sungkan menanyakan apa yang sedang dimainkannya.

Dengan begitu, anak merasa diperhatikan dan percaya atau tidak, sedikit waktu itu dapat membuat orangtua bangga karena sudah berhasil dekat dengan anak meskipun sibuk.

6. Sempatkan bertanya
Saat waktu luang, sempatkan untuk bertanya tentang aktivitas anak selama kita bekerja. Dengarkan ceritanya dan berikan ekspresi yang sesuai.

7. Buat rutinitas
Buat rutinis yang bisa parents kerjakan bersama anak. Misalnya, sarapan atau makan malam. Konsisten menjalankan rutinitas itu agar kedekatan antara parents dengan anak selalu terjaga. Seperti dikutip dari @sahabat.parenting

 




Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Sebelumnya

Pemalu atau Social Anxiety? Yuk Kenali Tanda-Tandanya, Bunda!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting