Mencuci tangan dengan benar/Net
Mencuci tangan dengan benar/Net
KOMENTAR

VIRUS Corona atau yang dikenal juga dengan nama resmi Covid-19 per hari Rabu (19/2) telah menginveksi lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia, terutama di daratan China.

Sayangnya, di tengah kekhawatiran global akan penularan virus tersebut, banyak asimetri informasi terkait Covid-19, terutama terkait penularannya serta pecegahannya.

Seorang spesialis dalam pengendalian dan pencegahan infeksi di Universitas Toho di Tokyo, Dr. Intetsu Kobayashi menjelaskan kepada penyiar Jepang, NHK bahwa sebenarnya penularan virus corona bisa dicegah melalui dua cara sederhana.

1. Mencuci Tangan
Cara ini bungkin terdengar sepele. Namun Kobayashi menekankan bahwa cuci tangan yang dia maksud bukan sekedar menyiram tangan dengan air. Karena mencuci tangan dengan salah mengundang potensi penyebaran banyak penyakit, termasuk Covid-19.

"Jika Anda mencuci tangan dengan benar, itu akan memakan waktu sekitar 30 detik," kata Kobayashi.

Dia menekankan bahwa mencuci tangan yang baik harus menggunakan banyak sabun. Kemudian fokus untuk mencuci area di sela-sela jari, ujung jari dan di bawah kuku. Selain itu, pastikan juga bahwa pergelangan tangan ikut dicuci dengan bersih.

2. Mengenakan Masker Wajah
Setelah tangan bersih, langkah selanjutnya adalah menjaga mulut dan hidung dengan cara mengenakan masker wajah jika keluar rumah. Hal ini perlu dilakukan karena penularan sangan rentan terjadi melalui hidung dan mulut.

Cara mengenakan masker wajah pun harus diperhatikan dengan seksama. Pastikan masker yang digunakan menutupi area tersebut dan dagu serta  tidak ada celah antara wajah dan masker. Jangan lypa tekan masker ke bawah di hidung untuk semakin "mengunci" masker dengan wajah.

Kemudian, saat mengenakan masker, hindari menyentuh bagian depan masker karena bisa jadi kuman dan virus tersaring di depannya.

Lalu, untuk melepas masker, pertama-tama lepaskan dulu masker dari belakang menggunakan tali di telinga, dan segera buang di tempat sampah yang tertutup. Setelah itu, cuci tangan kembali.

Kobayashi juga menyebut bahwa masker yang sudah digunakan harus segera dibuang dan jangan digunakan kembali.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health