Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KITA telah memasuki bulan ketiga yakni bulan Rabiul Awal, di Tahun Hijriah ini.  Saat yang sangat baik untuk kita menunaikan ibadah lebih lengkap lagi, agar menambah ketaatan kita sebagai umat Islam.

Dalam perhitungan kalender Kamariah, Rabiul Awal merupakan bulan setelah Safar dan sebelum Rabiul Akhir.

Bulan Rabiul Awal dikenal sebagai bulan yang penuh kegembiraan. Sebab di bulan ini lahir Nabi Muhammad SAW. Sang Rasulullah diyakini lahir pada 12 Rabiul Awal di tahun Gajah.

Selain kelahiran Nabi Muhammad, sejumlah peristiwa penting juga terjadi pada bulan ini. Seperti diangkatnya Muhammad menjadi rasul, peristiwa hijrah, dan wafatnya Nabi Muhammad.

Berdasarkan kemungkinan Rukyatul Hilal Global, awal bulan Rabiul Awal 1441 Hijriah jatuh pada Selasa, 29 Oktober 2019 dan berakhir pada 27 November 2019.

Selama mas itu, puasa sunah yang dapat dilakukan pada bulan ini adalah puasa Senin Kamis dan puasa Ayyamul Bidh atau puasa tiga hari di tengah bulan.

Berikut jadwal puasa sunah di bulan Rabiul Awal 1441 H/2019:
Puasa Kamis, 31 Oktober
Puasa Senin, 4 November
Puasa Kamis, 7 November
Puasa Senin, 11 November
Ayyamul bidh 13 Rabiul Awal, 10 November
Ayyamul bidh 14 Rabiul Awal, 11 November
Ayyamul bidh 15 Rabiul Awal, 12 November
Puasa Kamis, 18 November
Puasa Senin, 21 November
Puasa Kamis, 25 November

Puasa sunah di bulan Rabiul Awal ini memiliki tata cara yang sama seperti puasa wajib di bulan Ramadan. Niat puasa sunah juga boleh diucapkan pada hari yang sama, asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur