Foto yang diunggah Kaitlin Burge/CNN
Foto yang diunggah Kaitlin Burge/CNN
KOMENTAR

KANKER merupakan penyakit ganas yang menyakitkan. Terlebih, jika penyakit itu diidap oleh anak-anak.

Seorang ibu asal Texas Amerika Serikat membagikan momen sulit yang dialami olah putranya yang masih berusia 4 tahun bernama Beckett. Sang putra divonis mengidap kanker.

Melalui salah satu foto, sang ibu bernama Kaitlin Burge membagikan foto mengharukan soal perjuangan sang anak melalui sosial media.
 
Dalam foto itu, Beckett yang hanya mengenakan popok dan tidak memiliki rambut di kepala tampak membungkuk di atas toilet. Di sebelahnya ada sang kakak perempuannya bernama Aubrey yang berusia 5 tahun yang menjaganya.

Beckett yang didiagnosis memiliki kanker darah, leukemia limfoblastik akut lebih dari setahun yang lalu itu muntah saat sedang bermain.

"Muntah di sela-sela sesi bermain. Bangun untuk muntah. Berdiri di sisi kakaknya dan menggosok punggungnya saat dia sakit," tulis sang ibu.

"Ini adalah kanker anak-anak. Ambil atau tinggalkan," sambungnya.

Burge mengatakan dia mengambil foto itu pada bulan Januari lalu namun baru membagikannya di sosial media baru-baru ini.

Dia menggambarkan bahwa hal itu adalah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan sang anak sehari-hari.

Burge menjelaskan, Beckett harus meminum pil kemoterapi setiap malam serta melakukan kemoterapi langsung di klinik setiap bulannya. Salah satu dampaknya adalah muntah-muntah.

Dia menjelaskan bahwa foto-foto itu menunjukkan realitas kanker anak-anak. Bukan hanya sang anak yang menderita, keluarga pun terkena dampak.

"Keluarga kami sudah berpisah," katanya.

Dia terbiasa mengirim anak-anaknya untuk tinggal bersama nenek atau kakaknya sementara Beckett di rumah sakit.

"Kami semua lelah. Hubungan diuji. Kehilangan banyak teman dan tidak bisa keluar untuk menjalani kehidupan yang kamu jalani sebelum ini," sambung Burge seperti dimuat CNN.

Selain itu, dia harus memusatkan perhatian pada kesehatan Beckett. Sehingga dia memiliki lebih sedikit waktu untuk memperhatikan dua anaknya yang lain, yakni kaka Beckett, Aubrey dan adik perepuannya yang berusia 23 bulan.

"Saudara-saudaranya (Beckett) sering terlupakan. Mereka juga membuat banyak engorbanan yang orang tidak sadari," katanya.

Sang kaka, Aubrey kerap menemani sang adik selama di rumah sakit dan di rumah.

Pada awalnya, dia tidak mengerti mengapa adik laki-lakinya yang suka bermain bisa tidur sepanjang waktu, dan bahkan tidak bisa berjalan sendiri atau harus bolos sekolah.

"Dia sangat terbiasa menjadi kakak perempuan," katanya kepada CNN.

Beckett harus menyelesaikan perawatan pada Agustus 2021 setelah lebih dari tiga tahun melakukannya.

"Rasanya seperti selamanya bagi keluarganya," kata Burge.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting