KOMENTAR

MEMILIKI pekarangan indah yang ditumbuhi beragam tanaman memang dapat menjadi penawar penat. Hijaunya dedaunan yang tumbuh subur, dan warna-warni bunga dapat memberikan hiburan tersendiri di kala hati tengah suntuk. Namun, bagaimana jika tidak memiliki pekarangan rumah? Jangan khawatir, terrarium bisa menjadi solusinya.

Terrarium merupakan miniatur taman di dalam wadah. Berdasarkan kamus online, terrarium atau virarium diartikan sebagai media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman, yang diperuntukkan bagi beragam kebutuhan, seperti untuk penelitian, metode bercocok tanam maupun dekorasi.

Biasanya tanaman yang digunakan adalah tanaman yang mudah perawatannya, sehingga sangat cocok bagi masyarakat urban yang sibuk. Tidak hanya menambah keindahan interior maupun eksterior rumah, dilansir dari laman dekoruma, terrarium dapat menaikkan kadar kebahagiaan.

➢        Menambah semangat dan menyembuhkan

Sebuah studi yang menyebutkan, bahwa melihat tumbuhan atau bunga bisa menyembuhkan orang sakit. Ya, tanaman atau bunga bisa dikatakan sebagai ‘obat’ yang murah tetapi efektif. Dengan memiliki terrarium di meja kerja, secara tidak langsung dapat menjadi alat terapi serta meningkatkan semangat kerja kita.

➢        Dapat meningkatkan produktifitas kerja

Setelah semangat kerja tumbuh, sudah pasti akan berimbas kepada meningkatnya produktivitas. Sekumpulan tumbuhan yang ada di terrarium selain akan menghidupkan suasana ruang kerja, juga akan menimbulkan perasaan positif, mengurangi rasa cemas, dan mood swing. Sangat cocok bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu seharian di meja kerja.

➢        Dapat menghilangkan stres

Terrarium biasanya memiliki bentuk yang unik dan indah. Dengan beragam corak tumbuhannya, mampu menciptakan suasana jadi lebih segar dan bahagia. Alam bawah sadar secara otomatis merasa  lebih segar dan relaks karena kandungan oksigen yang dihasilkan oleh sekumpulan tanaman di dalam terrarium.

 

➢        Mengajarkan arti kehidupan

Bagi generasi millennial yang sebagian besar hidupnya dihabiskan berkutat dengan teknologi, dengan memiliki terrarium dapat mengajarkan tentang kepedulian. Merawat tanaman dan melihatnya tumbuh, merupakan pengalaman yang luar biasa.

➢        Memiliki keindahan yang tak ternilai dengan perawatan yang mudah

Terrarium memang sempat booming di tahun 80-an. Namun sekarang tren ini muncul kembali. Selain karena keunikan dan keindahannya, terrarium juga sangat cocok bagi mereka yang hidup dalam konsep minimalis. Selain itu, perawatan terrarium juga murah dan low maintenance.

➢        Pengisi waktu luang, dan dapat meningkatkan kreatifitas

Daripada menghabiskan waktu luang dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, lebih baik kita membuat terrarium. Karena kegiatan ini selain bermanfaat untuk diri sendiri dan orang di sekitar, kita juga bisa berkreasi menghias atau mendisain bentuk terrarium sesuka hati, baik dengan penggunaan beragam bebatuan berwarna-warni, wadah unik, maupun beragam jenis tanaman. Yang pasti, memiliki terrarium dapat menyalurkan bakat kreativitasmu. Siapa tahu ini bisa menjadi peluang usaha baru ya ladies!.

Tanaman yang bisa dijadikan terrarium

Biasanya tumbuhan sukulen atau kaktus yang digunakan dalam membuat terrarium, karena tumbuhan tropis ini memiliki pertumbuhan yang lambat, dan terbiasa dengan kelembapan, serta terlihat indah dengan ragam bentuk dan warna yang mereka miliki.

 

 

Perawatan

➢        Terrarium terbuka

Yaitu terrarium dengan bagian atas terbuka. Ini merupakan jenis terrarium yang paling mudah dibuat dan dirawat. Terrarium terbuka juga tidak beresiko terserang jamur pathogen ataupun bakteri. Cukup spray dengan air secukupnya, seminggu atau dua minggu sekali.

➢        Terrarium tertutup




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health