Nyeri punggung bawah yang menyakitkan/Freepik
Nyeri punggung bawah yang menyakitkan/Freepik
KOMENTAR

NYERI punggung bawah, yang sering disebut dengan nama lain seperti “nyeri punggung” atau “nyeri tulang belakang” adalah gejala yang muncul ketika seseorang mengalami rasa nyeri atau perasaan tidak nyaman di bagian bawah tulang belakang atau daerah lain yang terkait dengan tulang belakang.

Penyebab nyeri punggung bawah bisa berasal dari otot yang kaku, kerusakan pada celah sendi tulang belakang, radang sendi (arthritis), atau beberapa kasus lainnya.

Untuk mengatasi nyeri punggung bawah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti rutin berolahraga atau menjaga berat badan

Gejala Nyeri Punggung Bawah

Gejala nyeri punggung bawah merupakan suatu gejala yang umum terjadi pada perempuan. Gejala ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor berikut ini.

  • Hormon: Diketahui bahwa pada perempuan, hormon dapat menyebabkan perubahan hormonal yang mengakibatkan nyeri punggung bawah.
  • Kondisi fisik: Kondisi yang tidak baik seperti kekurangan vitamin dan mineral, kekurangan gizi, atau kurang aktivitas fisik, dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.
  • Gaya hidup: Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti stres, tidur tidak cukup, atau tidak mengonsumsi makanan sehat juga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.

 

Untuk mengatasi gejala nyeri punggung bawah, dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Berolahraga: Rutin berolahraga terutama yang melatih otot perut dan punggung untuk membantu mengurangi nyeri punggung bawah.
  • Menjaga postur tubuh: Jaga postur tubuh tetap tegap saat duduk atau berdiri guna mengurangi tekanan pada otot punggung.
  • Fisioterapi: Lakukan fisioterapi dengan panas, gelombang ultrasonik, atau stimulasi listrik untuk membantu mengatasi nyeri punggung. Setelah nyeri teratasi, fisioterapi dapat dilanjutkan dengan latihan gerakan khusus untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot punggung.
  • Akupunktur: Terapi alternatif ini dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Hasilnya akan lebih baik jika akupunktur dipadukan dengan fisioterapi dan obat nyeri punggung.
  • Operasi tulang belakang: Pada kasus-kasus berat seperti kelainan struktur tulang belakang atau saraf terjepit yang tidak membaik dengan pengobatan, dapat dilakukan intervensi untuk memperbaiki kelainan pada saraf dan tulang belakang.

Jika gejala nyeri punggung bawah tetap terjadi setelah dilakukan langkah-langkah di atas, maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.




Kenali Gejala Diabetes di Malam Hari

Sebelumnya

Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health