post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

APAKAH kamu sering merasakan sakit tiba-tiba di bagian pungung ketika membungkukkan badan? Beberapa orang beranggapan nyeri punggung adalah pertanda saraf kejepit.

Nyeri punggung adalah suatu kondisi saat punggung atau bagian belakang tubuh mengalami rasa sakit atau ngilu, sehingga kesulitan untuk beraktivitas. Seringkali menyerang bagian bawah tulang belakang tubuh kita. Memang, kondisi ini selalu dikaitkan dengan suatu penyakit yang mungkin saja dimiliki seseorang.

“Bagian bawah tulang belakangmeruapakan area yang paling rentan terkena nyeri, karena paling banyak memikul beban dari berat badan kita sendiri,” kata konsultan tulang belakang dr Asrafi Rizki Fatam, SpOT (K) Spine.

Walaupun nyeri punggung membuat rasa tidak nyaman, namun kebanyakan orang menganggapnya sepele. Apalagi nyeri punggung bisa diredakan dengan beristirahat atau berbaring.

Padahal, nyeri punggung yang terlalu sering bisa saja menandakan adanya suatu keabnormalan pada tubuh. Apalagi jika tidak segera ditangani, bisa menjasi masalah serius, seperti saraf kejepit atau hernia nucleus pulposus (HNP).

Angkat galon dan saraf kejepit

Adalagi yang mengatakan, sakit punggung dikarenakan mengangkat galon dan beban berat. Apalagi cara mengangkatnya yang salah, juga bisa memicu risiko saraf kejepit.

Terlalu sering memang bisa memengaruhi bentuk postur tubuh seseorang. Jika postur tubuh berubah, ini bisa menyebabkan terjadinya saraf kejepit. Tidak hanya itu, potensi cedera tulang belakang saat aktivitas, juga menjadi penyebab saraf kejepit. Begitu pula jika terlalu lama beristirahat dengan posisi postur yang buruk. Namun untuk memastikannya, segera temui dokter.

Adapun beberapa kondisi yang memiliki faktor risiko terkena nyeri punggung adalah faktor usia, postur tubuh, jarang berolahraga, kelebihan berat badan atau obesitas, dan merokok.

Jadi, sebenarnya nyeri punggung tidak selalu merupakan gejala dari saraf kejepit. Hanya saja, jika terjadi nyeri punggung dan tidak segera diatasi (disepelekan), potensi untuk mengalami saraf kejepit sangat besar.

Segera periksakan ke dokter jika nyeri punggung dialami oleh orang yang lanjut usia, memiliki postur tubuh yang tidak baik, jarang berolahraga, obesitas, atau perokok. Karena, orang dengan ciri-ciri berikut memiliki potensi besar mengalami saraf kejepit jika membawa barang-barang berat dengan posisi yang salah.




Cara Kilat Hilangkan Pilek, Minum Jelatang Salah Satunya

Sebelumnya

Warna Kulit dan Kuku Pucat, Salah Satu Gejala XBB pada Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health