Mengonsumsi tomat berlebihan tidak baik untuk lambung, apalagi bagi penderita penyakit maag/Net
Mengonsumsi tomat berlebihan tidak baik untuk lambung, apalagi bagi penderita penyakit maag/Net
KOMENTAR

SAYURAN adalah jenis makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Sayuran mengacu pada kelompok makanan yang terdiri dari berbagai jenis tumbuhan yang dapat dimakan.

Sayuran merupakan bagian penting dari pola makan sehat, karena kaya akan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, serat, dan senyawa antioksidan. Juga termasuk serat, karoten, vitamin A, vitamin C dan fosfor.

Setiap orang dewasa setidaknya perlu mengonsumsi sekitar 400 gram atau 2,5 cangkir sayuran setiap harinya. Tetapi, untuk beberapa superfood ini, sebaiknya tidak mengonsumsi berlebihan, karena memicu beberapa penyakit.

Bayam

Sayuran berwarna hijau ini tinggi antioksidan dan vitamin K. Rutin mengonsumsinya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan menjaga jantung tetap sehat secara menyeluruh.

Namun mengonsumsinya secara berlebihan ternyata dapat memicu batu ginjal. Alasannya, bayam mengandung oksalat dengan kadar yang cukup tinggi. Seseorang yang punya risiko tinggi terkena batu ginjal, agar lebih memperhatikan porsi saat mengonsumsi bayam.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan serat, vitamin C, K, potasium, hingga zat besi. Jenis sayur berdaun hijau ini memiliki manfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tapi, jangan mengonsumsinya berlebihan karena dapat membuat perut menjadi kembung. Sayuran tersebut mengandung raffinose, yakni zat gula yang harus difermentasi oleh bakteri di usus karena sulit dicerna. Brokoli memang punya banyak manfaat, tapi pemilik gangguan saluran cerna tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya.

Wortel

Wortel mengandung karbohidrat, serat, hingga protein dan tinggi kandungan zat besi, vitamin A, K, dan C. Manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan mata, membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan regenerasi sel kulit, hingga mendukung kinerja organ jantung.

Terlalu banyak mengonsumsi wortel sangat tidak dianjurkan, karena dapat membuat sakit kepala disertaoi badan lemas. Dalam beberapa kasus, jus wortel yang diminum berlebihan bisa menyebabkan mual dan muntah.

Warna kulitpun bisa berubah menjadi oranye, karena kandungan betakaratennya yang tinggi bisa menimbulkan efek buruk, yaitu keracunan makanan.

Tomat

Tomat mengandung asam yang cukup tinggi, yang bila dikonsumsi berlebihan bisa memicu kenaikan asam lambung.

Itulah beberapa superfood yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health