KOMENTAR

GIGI kuning merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang sering dikeluhkan orang. Gigi cenderung menguning dan kusam tidak hanya karena jarang menyikat gigi, tapi juga seiring bertambahnya usia. Juga, ada banyak faktor yang dapat mempercepat munculnya kekuningan.

Salah satunya adalah mengonsumsi deretan buah-buahan ini. Makan buah-buahan gelap seperti blueberry, tomat, blackberry, cranberry, ceri, anggur, dan delima dapat meninggalkan noda pada gigi.

Pigmen berwarna dan partikel organik dari buah-buahan ini dapat menembus dan menempel pada pori-pori email gigi, dan mengubahnya menjadi kuning.

  • Buah Beri

Buah beri (Bluberi, blackberry, dan stroberi) adalah beberapa buah dengan warna mencolok, sehingga dapat meninggalkan noda pada gigi. Begitu juga dengan jus dan kue yang memiliki campuran dari buah-buahan tersebut.

Sedangkan anggur hijau dan cranberi, memang kecil kemungkinan menyebabkan noda pada gigi, tapi mengandung asam yang lama kelamaan dapat melunakkan enamel gigi.

  • Buat Bit

Buah ini termasuk makanan yang menyebabkan gigi kuning, karena warna yang terdapat pada buah bit sangat kuat untuk menodai gigi, apalagi dalam bentuk jus.

Jadi, pastikan untuk menyikat gigi dalam waktu 1 jam setelah mengonsumsinya, sehingga noda tidak punya waktu untuk terbentuk.

  • Tomat

Tomat merupakan sumber nutrisi penting, tapi pigmen yang menyebabkan warna merah tua pada saus tomat bisa membuat bekas noda pada permukaan gigi.

  • Anggur Merah

Anggur merah yang sudah dibuat menjadi minuman, bisa menyebabkan gigi berubah warna. Kandungan asam tannic di dalamnya dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik cokelat pada gigi.

  • Lemon

Sifat asam dari lemon bisa membuat email gigi menjadi lunak dan pH rongga mulut menjadi asam. Gigi yang permukaannya keropos akan terlihat menguning dan bisa menangkap zat warna dari makanan lain. Inilah yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Karenanyam disarankan untuk berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut, lalu tunggu 30 menit hingga 1 jam sebelum menggosok gigi.

Jangan lupa jaga kebersihan gigi dan mulut dengan melakukan pembersihan karang gigi secara rutin ke dokter, setiap 6 bulan sekali.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health