Selamat Hari Pendidikan Nasional/Instagram @disdikdki
Selamat Hari Pendidikan Nasional/Instagram @disdikdki
KOMENTAR

HARI Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei memiliki makna penting dan sejarah yang mendalam bagi Indonesia.

Tanggal ini ditetapkan untuk menghormati jasa Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pelopor pendidikan yang berperan besar dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Tanggal 2 Mei dipilih karena bertepatan dengan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959.

Ki Hajar Dewantara, yang lahir dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang pejuang pendidikan dan pendiri Perguruan Taman Siswa. Ia mendirikan sekolah ini pada tahun 1922 dengan tujuan memberikan pendidikan kepada rakyat pribumi dan menentang kebijakan pendidikan kolonial Belanda yang hanya ditujukan untuk kaum elit.

Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara sangat berpengaruh dalam pembentukan sistem pendidikan nasional Indonesia. Salah satu prinsip terkenalnya adalah "Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani," yang berarti “di depan memberi contoh, di tengah membangun semangat, dan di belakang memberikan dukungan.” Ini adalah filosofi kepemimpinan dalam konteks pendidikan.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbudristek, tema peringatan hari pendidikan nasional pada tahun 2024 yaitu “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Pada setiap peringatan Hari Pendidikan Nasional, berbagai kegiatan diadakan oleh lembaga pendidikan dan pemerintah, seperti upacara, seminar, dan diskusi publik, yang bertujuan untuk menekankan pentingnya pendidikan dan peran guru serta pelajar dalam membangun masa depan bangsa.

Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengenang dan menghormati perjuangan Ki Hajar Dewantara serta semua orang yang berkontribusi pada pendidikan nasional.

Dengan peringatan ini, diharapkan semua orang dapat terus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan, menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.




Kementerian Agama Ingatkan Jemaah Agar Tidak Ketinggalan Rukun Haji

Sebelumnya

Teori Agenda Setting: Media Massa dan Politik

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon