Ilustrasi orang tidur/Freepik
Ilustrasi orang tidur/Freepik
KOMENTAR

TIDAK banyak orang tahu bahwa menerapkan pola tidur  yang baik menjadi faktor penting dalam mengurangi dan mengelola risiko kondisi asam urat.

Kita tahu bahwa asam urat disebabkan oleh produksi kadar asam urat yang  terlalu tinggi (hiperurisemia). Nah, pola tidur yang tidak teratur dapat menjadi pengaruh buruk yang berpotensi menimbulkan gejala dan risiko serangan asam urat.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan pola tidur yang lebih baik bagi penderita asam urat dilansir dari berbagai sumber.

  • Jaga waktu tidur

Konsisten dalam menjaga waktu tidur dapat membantu mengatur siklus tidur dan meningkatkan kualitas tidur bagi penderita asam urat.

  • Buat lingkungan tidur yang nyaman

Pakai kasur atau bantal guling yang nyaman digunakan serta pastikan ruang dalam keadaan tenang dan sejuk agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Perhatikan posisi tidur

Pilih posisi tidur yang nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada sendi yang terkena asam urat. Posisi tidur telentang adalah posisi tidur ideal untuk menjaga asam urat.

  • Berolahraga secara teratur

Dengan melakukan olahraga ringan secara teratur dapat mengurangi dampak dari asam urat olahraga yang disarankan seperti bersepeda, berenang, senam ringan, dan yoga.

  • Kurangi makan menjelang tidur

Makan makanan berat menjelang tidur dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Kurangi makanan seperti daging merah, makanan laut, ataupun makan olahan untuk mengurangi risiko serangan asam urat.

  • Menjaga berat badan

Dengan menjaga berat badan ideal dapat mengurangi tekanan pada asam urat.

  • Batasi konsultasi gula

Penderita asam urat sebisa mungkin membatasi konsumsi gula yang akan meningkatkan aktivitas jantung dan membuat sulit tidur.

  • Konsultasikan dengan dokter

Jika gejala asam urat terus berlanjut jika sudah menerapkan pola tidur di atas segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Bagi kamu yang menderita asam urat, ubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat agar memiliki pola tidur yang baik.




Yuk, Makan Buah Salak

Sebelumnya

Apa Penyebab Jantung Berdebar Tiba-Tiba?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health