Ilustrasi orang mencuci muka/Freepik
Ilustrasi orang mencuci muka/Freepik
KOMENTAR

MENCUCI muka umumnya dilakukan saat mandi dan pagi hari setelah bangun tidur. Namun, cuci muka setiap hari justru memberi dampak buruk untuk kulit wajah.

Mencuci muka biasanya memberikan dampak buruk, terutama saat kamu sedang mengalami jerawat yang meradang serta kulit berminyak.

Kenali 5 dampak akibat terlalu sering mencuci muka, yaitu:

1. Membuat Wajah Menjadi Lebih Berminyak

Orang yang berjerawat akan menghasilkan sebum yang tinggi. Sebum adalah zat berminyak yang melapisi dan membuat kulit menjadi lembap, ini penting untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Menyebabkan Bintik pada Wajah

Sebum yang berlebih bukan penyebab munculnya jerawat dan sering mencuci muka bukan juga solusi untuk mengatasinya. Munculnya jerawat yang sebenarnya adalah oksidasi sebum ketika berada dekat dengan permukaan kulit. Kemudian, bercampur dengan udara dan bakteri polusi yang menjadi sebab peradangan sehingga memicu munculnya bintik hitam.

3. Menghilangkan Bakteri Baik

Mencuci muka setiap hari dapat membuat kulit menjadi kering dan menghilangkan bakteri baik. Bakteri baik memiliki fungsi sebagai pelindung dan mempertahankan penghalang kulit, yang membuat bakteri jahat keluar dan mengunci kelembapan kulit.

4. Membuat Pori-pori Menjadi Besar

Pori-pori kulit yang terbuka dan komedo bisa disebabkan oleh genetika, tapi juga kurangnya elastisitas dan produksi kolagen dikulit itu sendiri. Lebih baik lakukan eksfoliasi secara lembut setiap 2 atau 3 kali dalam seminggu.

5. Penuaan Dini

Cuci muka terlalu sering dapat memicu terjadinya penuaan dini, salah satunya adalah membuat kulit wajah menjadi keriput. Hal ini disebabkan karena kulit wajah yang terkikis karena terlalu sering melakukan cuci muka, terutama kamu yang memiliki tipe kulit yang kering kamu harus berhati-hati untuk mencuci muka dan jangan salah memilih sabun muka.

Pastikan kamu tidak terlalu sering mencuci muka ya.




Limited Stock, Buttonscarves Gandeng Halima Aden Luncurkan Koleksi The Crown Series

Sebelumnya

Ini Dia Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Harus Kamu Hentikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga