Ilustrasi infeksi telinga/Unsplash
Ilustrasi infeksi telinga/Unsplash
KOMENTAR

TELINGA memiliki tiga bagian utama yaitu bagian dalam, bagian tengah, serta bagian luar. Biasanya bagian telinga yang sering kali mengalami Infeksi adalah telinga bagian dalam dan luar.

Bisa disebabkan oleh beberapa faktor, oleh karena sebab itu infeksi telinga perlu dilakukan pemeriksaan mendetail untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa diberikan penanganan yang sesuai.

Infeksi telinga bisa terjadi karena akibat adanya virus dan juga bakteri di telinga. Kondisi tersebut tentu dapat mengganggu fungsi pendengaran dalam kegiatan sehari-hari.

Infeksi telinga terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Infeksi telinga dalam (Otitis Interna)

Terjadinya peradangan atau infeksi pada bagian dalam telinga seperti koklea dan vestibulum yang berperan besar dalam fungsi pendengaran dan keseimbangan tubuh.  

Gejala dan penyebab utama beberapa infeksi telinga bagian dalam nyeri telinga yang parah, mual muntah, vertigo, dan cidera kepala atau telinga yang memicu infeksi telinga bagian dalam.

  • Infeksi tengah telinga  (Otitis Media)

Infeksi ini terjadi di antara gendang telinga dan saluran telinga tengah. Otitis media ini sering terjadi pada anak anak dibandingkan orang dewasa, dikarenakan tuba aeustachius pada anak belum terbentuk dengan sempurna. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya namun jika tetap berlanjut berpotensi menyebabkan komplikasi.

  • Infeksi telinga luar (Otitis Eksterna)

Terjadi karena adanya peradangan atau infeksi yang terjadi di telinga bagian luar, biasanya infeksi telinga ini disebabkan karena kelembaban yang berlebih dan kerusakan kulit pada bagian luar mulai dari daun telinga hingga bagian dalam.

Gejala yang sering muncul seperti rasa gatal di bagian telinga, keluar cairan pada telinga dan kemerahan di sekitar telinga. Penanganan infeksi ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan obat tetes telinga yang mengandung antibiotik atau antijamur.

Infeksi telinga dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan telinga.

Dan jika masalah gangguan telinga masih terjadi segera konsultasi dengan dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan  yang tepat.




Yuk, Makan Buah Salak

Sebelumnya

Apa Penyebab Jantung Berdebar Tiba-Tiba?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health