Wisuda UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (8/8)/Dok. Kemenag RI
Wisuda UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (8/8)/Dok. Kemenag RI
KOMENTAR

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana, Magister, dan Doktor Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi di Gedung Auditorium Chatib Quzwain, Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (8/8/2023).

Dalam sambutannya, Menag Yaqut berpesan agar alumni Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) menjadi garda terdepan untuk melawan ideologi intoleransi yang mengganggu masyarakat.

"Saya ingin mengingatkan di forum yang luar biasa ini, di tengah maraknya paham intoleransi, kehadiran alumni perguruan tinggi keagamaan negeri menjadi sangat penting dan signifikan. Saya berharap para lulusan UIN menjadi garda terdepan untuk melawan ideologi intoleran yang tidak sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa atas negeri yang kita cintai ini," tegas Menag di hadapan 1.018 wisudawan, Selasa (8/8/2023).

"Saya yakin alumni, wisudawan dan wisudawati mampu melakukan ini. Negeri ini diperuntukkan untuk semua golongan, kelompok, dan agama. Alumni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pasti bisa," sambungnya.

Menag juga berpesan kepada alumni untuk tidak menyia-nyiakan pengorbanan yang telah dilakukan dan tidak berhenti menuntut ilmu setinggi-tingginya.

"Teruslah belajar dan berkarya karena ini penting, bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan bagimana ilmu ini pasti akan berguna dalam pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa, dan agama," tandas Menag.

Tampak hadir, Gubernur Jambi Al Haris, Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Su'aidi dan jajaran, Anggota Komisi VIII DPR RI Hasan Basri Agus, Kakanwil Kemenag Jambi Zoztafia, Stafsus Menag Wibowo Prasetyo dan Abdul Rochman, serta Tenaga Ahli Menag Hasan Basri Sagala.

Rektor UIN Jambi Su'aidi menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih dengan kehadiran Menteri Agama.

"Kita layak berbahagia hari ini gelaran wisuda dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas," kata Su'aidi.

Dalam gelaran wisuda tersebut, Gus Men menyerahkan penghargaan kepada para wisudawan dan wisudawati terbaik UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Selain itu, Menag juga berkesempatan meresmikan pengunaan Gedung Kuliah Terpadu UIN Jambi yang dibangun dengan SBSN skema multiyears. Gedung dengan 360 kelas tersebut dibangun sejak 2019 dan selesai pada 2022.

Ia berharap dukungan pemerintah pusat dan daerah terus mengalir kepada UIN Sulthan Thaha Saifuddin terutama dalam persiapan pendirian Fakultas Kedokteran.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News