Ilustrasi mudik/ Net
Ilustrasi mudik/ Net
KOMENTAR

MEMASUKI minggu kedua Ramadhan, ternyata sudah ada sejumlah anggota masyarakat yang mudik ke kampung halaman menggunakan kereta dan mobil. Lebaran kali ini memang disambut penuh suka cita oleh umat Muslim di Tanah Air mengingat situasi yang lebih kondusif dibandingkan pandemi tahun lalu.

Dengan antuasiasme tinggi masyarakat untuk mudik, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan 6 (enam) rekomendasi bagi orang tua yang membawa anak dalam perjalanan mudik, dalam acara media briefing “Perjalanan Aman untuk Anak” (4/4/2023).

1# Persiapan matang

Orang tua harus mempersiapkan berbagai kebutuhan anak selama mudik agar selalu tersedia. Buatlah rencana andaikan kemacetan hingga belasan jam tidak bisa dihindari. Persiapan matang akan menentukan kenyamanan si kecil selama perjalanan juga dalam keseharian di kampung halaman.

2# Bijak memilih moda transportasi

Jika orang tua menggunakan moda transportasi umum, pastikan bahwa bus, kereta, kapal laut, atau pesawat tersebut memiliki jadwal keberangkatan yang tepat waktu. Hal ini penting agar anak tidak merasa lelah. Jika terjadi penundaan, lakukan aktivitas menyenangkan agar anak tidak bad mood dan pastikan anak tidak merasa lapar.

3# Jaga kuantitas dan kualitas tidur anak

Perjalanan mudik berpotensi mengubah waktu tidur anak. Pastikan anak beristirahat dengan nyenyak dalam waktu yang cukup.

4# Perhatikan pola makan

Sediakan makanan atau camilan yang sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak selama perjalanan menuju kampung halaman. Dengan menjaga asupan makanan, anak bisa terhindar dari batuk pilek yang umum terjadi akibat daya tahan tubuh menurun.

5# Jauhi Sumber Penularan Virus

Pandemi COVID-19 memang mulai berkurang, tapi orang tua harus belajar dari pengalaman tiga tahun terakhir. Usahakan anak-anak terhindar dari sumber penularan virus seperti berdekatan dan melakukan kontak erat dengan orang yang sedang sakit. Pastikan anak tetap menjalankan protokol kesehatan demi melindungi diri dari beragam virus.

6# Pastikan anak beradaptasi dengan lingkungan baru

Orang tua harus memastikan bahwa tubuh anak dapat beradaptasi dengan baik dalam perjalanan maupun saat berada di kampung halaman. Misalnya saja, anak harus beradaptasi dari ruangan ber-AC di rumah ke udara alam yang sejuk di bawah kaki pegunungan. Atau sebaliknya, harus beradaptasi dengan udara yang lebih kering dan panas.

Perhatikan pula kualitas air yang digunakan di fasilitas umum (WC dan kamar mandi umum) selama perjalanan maupun juga fasilitas mandi cuci kakus di kampung halaman.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health