Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BATUK adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan lendir, alergen, atau polutan. Batuk biasanya bukan penyakit yang perlu dikhawatirkan, tapi tidak pula disepelekan.

Batuk berdahak adalah jenis batuk yang ditandai dengan lendir yang terasa mengganjal di tenggorokan. Jenis batuk ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, tanpa perawatan khusus.

Namun, jika batuk berdahak tidak juga kunjung sembuh, bisa jadi itu bukan sekadar batuk berdahak biasa. Kemungkinan, ada beberapa kondisi kesehatan lain yang menyertai.

Alergi

Kalau kamu mengalami batuk berdahak dalam jangka waktu yang lama, disertai dengan gatal-gatal, mata dan hidung berair, hidung tersumbat, dan hidung meler, bisa jadi kamu mengalami alergi.

Jangan biarkan kondisi ini hingga berlarut-larut. Karena, alergi yang tidak diobati bisa berkembang menjadi infeksi sinus kronis.

Biasanya, batuk karena alergi bisa diobati dengan antihistamin dan steroid hidung.

Asma

Tidak semua penyakit asma ditandai dengan mengi atau bengek. Mengutip Harvard Health Publishing, kalau kamu mengidap batuk yang tak kunjung sembuh, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk identifikasi lebih lanjut. Sebab, saat ini gejala asma tidak melulu disertai mengi.

Asam Lambung

Batuk berdahak yang tak kunjung sembuh juga bisa mengindikasikan ada masalah dengan asam lambung. Apalagi jika seringkali dibarengi dengan mulas, bisa jadi ada masalah dengan asam lambung kamu.

Bronkitis Kronis

Awal kemunculan penyakit paru-paru seringkali ditandai dengan batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh. Ketika fungsi paru-paru menurun, tubuh tidak mampu membersihkan partikel yang masuk ke saluran udara dengan baik.

Akibatnya, saluran udara membengkak dan menghasilkan lender berlebih. Kondisi inilah yang kemudian disebut sebagai penyakit bronkitis.

Tuberkulosis

Batuk berdahak yang berkepanjangan juga menjadi ciri awal tuberkulosis, yaitu penyakit saluran nafas yang ditandai gejala batuk berdahak kronis. Penyakit ini disebabkan oleh mycobacterium yang masuk ke dalam aliran darah dan kelenjar getah bening.

Penanda Penyakit Langka

Fibrosis paru, sarcoidosis, penyakit autoimun, dan kelainan anantomi, seringkali ditandai dengan batuk berdahak kronis.

Batuk memang tidak bisa disepelekan karena dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti otot-otot perut sakit, dada sakit, buang air kecil dan besar tidak terkontrol, hingga selaput paru robek dan patah iga.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health