Ilustrasi ibu menyusui/Unsplash
Ilustrasi ibu menyusui/Unsplash
KOMENTAR

BAYI yang mengalami batuk pilek biasanya akan malas menyusu karena merasa tidak nyaman. Tak heran bila ibu menyusui mesti berpikir ekstra untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi saat sakit.

Selain menciptakan suasana menyusui yang nyaman, ibu juga diimbau untuk memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh agar menjadi ‘senjata’ penangkis penyakit.

Perlu diperhatikan, beberapa jenis makanan dapat mengganggu kandungan nutrisi dan produksi ASI pada ibu menyusui.

Karena itulah saat bayi sedang mengalami batuk pilek, yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui adalah memilih makanan yang tepat untuk memperkuat imunitas tubuh si buah hati.

Apa saja makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi ibu menyusui saat bayi sedang sakit?

Minuman manis

Hindari minuman manis seperti kopi, teh, dan soda dengan kandungan kafein dan gula tinggi yang dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman manis berlebihan juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan radang pada tenggorokan sehingga meningkatkan batuk pilek pada anak.

Makanan siap saji

Makanan siap saji atau junk food tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena dapat berdampak buruk pada kesehatan, terutama terhadap kualitas ASI yang dihasilkan.

Makanan yang mengandung zat adiktif

Hindari makanan yang mengandung zat adiktif seperti pewarna dan pemanis buatan Gantilah dengan pemanis alami seperti madu dan sirup jagung yang cukup aman

Saat memasuki masa MPASI, ibu dapat memperkenalkan makanan yang dapat membantu meredakan batuk dan pilek pada anak, seperti ubi jalar, brokoli, jeruk, dan apel.

Penting untuk memastikan bahwa makanan yang diberikan sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan ibu dan anak.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health