KOMENTAR

BERAGAM kuliner Nusantara dari Aceh, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, hingga Papua memiliki kekhasan rasa karena dibuat dengan aneka rempah khas masing-masing daerah.

Tak mengherankan bila Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebutkan bahwa kekayaan kuliner Nusantara menjadi salah satu magnet bagi pariwisata Indonesia, tak hanya bagi wisatawan mancanegara tapi juga wisatawan domestik.

Momen pariwisata ‘akbar’ yang hadir setiap tahun adalah hari raya Idul Fitri alias lebaran.

Momen lebaran menjadi bukti bahwa kekayaan kuliner Tanah Air memiliki penggemar loyal yang selalu memburu makanan-makanan khas nan lezat di berbagai daerah. Terutama bagi para pemudik yang kangen dengan masakan khas kampung halaman mereka.

Kegemaran menyantap masakan khas daerah ini pada akhirnya menjadi sebuah promosi tersendiri bagi daerah tersebut.

Dengan banyaknya jenis hidangan khas Nusantara yang berpotensi menjadi bagian dari promosi pariwisata Indonesia, PHRI mengusulkan untuk mempatenkan kuliner tersebut. Alasannya, agar tidak ada negara lain yang mengklaim bahwa makanan tersebut berasal dari negara mereka.

Kita tentu tak bisa menutup mata dari urusan rendang yang diklaim berasal dari Malaysia. Padahal hidangan yang dinobatkan jadi makanan terenak sedunia versi CNN selama bertahun-tahun itu merupakan resep turun-temurun masyarakat Minangkabau.

Kuliner juga menjadi kekuatan pariwisata untuk dikembangkan di seluruh dunia. Kita bisa membuka restoran khas masakan Nusantara di berbagai negara di dunia untuk memperkenalkan khazanah budaya Indonesia yang sangat kaya.

Kita bisa melihat bagaimana China, Thailand, Vietnam, hingga Jepang berhasil mempopulerkan masakan tradisional mereka ke pentas dunia. Gerai-gerai makanan mereka berada di seluruh penjuru dunia dan menjadi “identitas” budaya yang pada akhirnya menciptakan ketertarikan terhadap negara mereka.




BJB Tawarkan Program Cashback untuk Transaksi Pembelian dan Penjualan Obligasi

Sebelumnya

Mudahnya Memiliki Rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah dari BJB

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon