Ilustrasi berwisata ke Taiwan/Net
Ilustrasi berwisata ke Taiwan/Net
KOMENTAR

ADA banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu tempat. Cara unik dilakukan Taiwan, yaitu menawarkan ‘hadiah’ sejumlah Rp2,5 juta (165 dollar Amerika) bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Negeri Formosa itu.

Mengutip CNN, Pemerintah Taiwan menawarkan uang tersebut kepada siapa saja yang hendak berkunjung ke negaranya. Selain turis individu, grup wisatawan juga akan memperoleh penawaran yang sama.

Perdana Menteri Taiwan Chen Chien-jen mengatakan, bahwa pemerintah menargetkan 6 juta wisatawan pada 2024 dan 10 juta pengunjung pada 2025. Guna mencapai target tersebut, mereka akan memberikan Rp2,5 juta kepada 500 ribu turis individu dan sekitar Rp10 juta kepada 90 ribu grup wisata.

Menteri Transportasi Taiwan Wang Kuo Tsai menambahkan, uang tersebut akan diberikan secara digital dan bisa dipergunakan untuk keperluan akomodasi dan transportasi selama berlibur di Taiwan.

Wang menyatakan, langkah-langkah tersebut bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung dari pasar utama, yakni Jepang, Korea Selatan, Asia Tenggara, Hong Kong, Makau, serta Eropa dan Amerika.

Namun, hingga saat ini Pemerintah Taiwan belum mengumumkan kapan skema tersebut akan dilaksanakan dan bagaimana cara mengajukan klaim uang tersebut.

Sebelumnya, data Biro Pariwisata Taiwan menunjukkan bahwa pada 2022 lalu Taiwan hanya mencatatkan kedatangan 900 ribu pengunjung. Pengunjung tersebut didominasi dari Vietnam, Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat.

Angka tersebut menurun drastis dibandingkan 2019. Tiga tahun lalu, tepatnya sebelum pandemi, Taiwan memecahkan rekor 11,8 juta turis internasional. Angka itu naik 7 persen dari tahun sebelumnya.

Tempat wisata ramah Muslim

Berdasarkan survey Global Muslim Traveler Index (GMTI) yang dirilis Crescent Rating Martercard pada 2019, Taiwan merupakan destinasi wisata ketiga yang menjadi favorit wisatawan Muslim dunia.

Beberapa tempat wisata terbaik Taiwan dianggap ramah wisatawan Muslim, yaitu:

1. Discovery Center of Taipei

Tempat wisata ini sudah memiliki sertifikat ramah Muslim. Namun, mereka masih menyempurnakan fasilitas bagi Muslim, seperti mushola, tempat wudhu, dan makanan bersertifikat halal.

2. Jiufen

Pernah dipakai sebagai lokasi syuting film A City of Sadness, pemandangan Jiufen selalu menjadi daya tarik para wisatawan. Jiufen dulunya dikenal sebagai distrik penambangan emas.

3. Chiang Kai-shek Memorial Hall

Tempat ini merupakan monument nasional, landmark, dan tempat wisata yang dibangun untuk mengenang mantan Presiden Republik Tiongkok. Tempat ini dipenuhi dengan bendera Taiwan.

Bagi wisatawan Muslim, akan sangat mudah menemukan mushola dan makanan halal di lokasi wisata ini.




Nikmati Libur Sekolah di Plataran Puncak Villas

Sebelumnya

Kementerian Agama Ingatkan Jemaah Agar Tidak Ketinggalan Rukun Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon