Joe Biden & Jill Biden bersama Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Inggris tahun 2021/ POOL
Joe Biden & Jill Biden bersama Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Inggris tahun 2021/ POOL
KOMENTAR

MENINGGALNYA Ratu Elizabeth II setelah kondisi kesehatannya terus menurun sejak tahun lalu tak hanya meninggalkan duka bagi rakyat Inggris tapi juga  para pemimpin dunia.

Seperti dikutip dari The Guardian, sosok pemimpin monarki selama 70 tahun itu dikenal luas oleh para pemimpin negara-negara di dunia . Ratu Elizabeth II menjadi simbol adaptasi monarki tradisional Inggris untuk tetap eksis dan berperan dalam sejarah modern dunia.

Tak hanya soal konsistensinya dalam menunaikan tugas-tugas kerajaan, Ratu Elizabeth juga dikenal luas sebagai sosok yang humoris. Banyak orang juga mengagumi perannya sebagai ibu, nenek, dan buyut bagi anggota keluarga kerajaan.

Sejak Perang Dunia II, Ratu Elizabeth telah mengayomi rakyatnya. Termasuk bagaimana membawa Inggris menghadapi pandemi. Ia memberikan harapan bagi rakyat untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Ibu Negaramengatakan bahwa Ratu Elizabeth bukan hanya simbol monarki tapi seorang pemimpin yang membentuk sebuah era. Di tengah perubahan zaman yang sangat cepat, Ratu Elizabeth adalah sosok yang tangguh yang menjadi sumber rasa percaya diri dan kebanggaan banyak generasi di Inggris.

Sedangkan pemimpin Rusia Vladimir Putin, ia mengucapkan duka cita kepada Raja Charles atas kehilangan yang tak tergantikan tentang ibunya. Bagi Putin, Ratu Elizabeth berhak mendapatkan cinta dan penghormatan tak hanya dari rakyat Inggris tapi juga masyarakat dunia.

Kesan mendalam juga dirasakan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Beberapa menit setelah tersiarnya kabar duka itu, ia menulis dalam akun Twitternya tentang Ratu Elizabeth yang menjaga kesatuan Inggris selama lebih dari 70 tahun.

“Saya mengenang Yang Mulia Ratu Elizabeth sebagai sahabat bagi rakyat Prancis, seorang ratu berhati mulia yang meninggalkan kesan mendalam tentang dirinya dan bangsanya.”

Sementara itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan kesedihan atas wafatnya Sang Ratu dan menyampaikan rasa duka cita terdalam untuk keluarga kerajaan juga pemerintah dan rakyat Inggris.

Rasa duka cita juga disampaikan PM New Zealand Jacinda Arden. Atas nama rakyat negaranya, New Zealand akan mengibarkan bendera setengah tiang dan menyelenggarakan upacara peringatan kenegaraan atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Jasinda pun menyampaikan rasa belasungkawa kepada anggota keluarga kerajaan Inggris.“Bagi kami, Ratu Elizabeth adalah pemimpin yang sangat dikagumi, sedangkan bagi mereka (anak dan cucunya), Sang Ratu adalah ibu dan nenek yang dihormati.”




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News