Ilustrasi menonton film horor/Pixabay
Ilustrasi menonton film horor/Pixabay
KOMENTAR

BANYAK orang mengisi waktu luangnya dengan menonton film, salah satunya yang bergenre horor. Selain untuk mengisi waktu luang, ternyata menonton film horor memberikan manfaat bagi kesehatan.

Sebagian besar orang mengartikan rasa takut sebagai hal buruk, mengingat ketakutan memang kerap kali menimbulkan kecemasan.

Padahal, baik ketakutan dan kecemasan merupakan bagian dari emosi dasar manusia yang membuat seseorang jadi lebih waspada terhadap bahaya dan mampu memutuskan cara untuk menghadapinya. Setidaknya, rasa takut membuat kita jadi lebih berhati-hati.

Rasa takut bisa muncul kapan saja pada situasi tertentu, salah satunya saat menonton film horor. Film horor mungkin menimbulkan rasa mencekam atas kemunculan hantu, adegan bunuh diri, atau kengerian atas kematian yang kurang wajar.

Banyak yang tidak menyukai jenis film ini karena membuat seseorang menjadi ketakutan atau cemas setelah menontonnya. Bahkan, pada beberapa kasus, menonton film horor bisa menyebabkan mimpi buruk.

Namun, terlepas dari efek buruknya, ternyata menonton film bergenre ini bisa memberikan manfaat yang mungkin tidak disadari      

Setiap individu memang memiliki preferensi sendiri terhadap film apa yang hendak ditonton. Bahkan, bagi orang-orang yang punya gangguan kecemasan, film horor tetap bisa menjadi hiburan.

“Bukannya panik, tapi yang didapat adalah kesenangan dan rasa puas. Berbagai pikiran yang ia cemaskan selama ini malah bisa teralihkan lewat film horor,” ungkap Ikhsan Bella Persada, M.Psi, psikolog dari KlikDokter.




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family