E-flyer kompetisi Semarak Cintai Budaya Bangsa yang diselenggarakan KemenPPPA dalam menyambut Hari Anak Dunia 2023/Ist
E-flyer kompetisi Semarak Cintai Budaya Bangsa yang diselenggarakan KemenPPPA dalam menyambut Hari Anak Dunia 2023/Ist
KOMENTAR

DALAM rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyelenggarakan berbagai kompetisi menarik dengan tema Semarak Cintai Budaya Bangsa.

Gelaran ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh seluruh anak di Indonesia. Ada kompetisi foto, kompetisi video, kompetisi gambar, dan di puncak acara ada festival pantun dan permainan tradisional.

“Kompetisi ini terbuka untuk umum dan gratis, tanpa dipungut biaya,” begitu bunyi siaran persnya.

Untuk dapat mengikuti kompetisi, terlebih dulu peserta wajib mengisi formulir di https://linktr.ee/gebyaranak. Di dalam formulir online itu, kamu wajib mengisi sejumlah biodata mulai dari nama lengkap, usia, asal sekolah, nomor whatsapp, jenis kompetisi yang akan diikuti, akun Instagram/YouTube, hingga link karya.

Kemudian, kamu akan diminta untuk meng-upload form orisinalitas karya, kartu pelajar, atau tanda pengenal lainnya.

Kompetisi kali ini bertema Semarak Cintai Budaya Bangsa: Berlayar Kita Keliling Dunia Anak-Anak Semua Pasti Bisa. Dengan sub-tema pendidikan karakter anak melalui budaya tradisi lisan Indonesia dan pendidikan karakter anak melalui permainan tradisional Indonesia.

Adapun pedoman yang perlu diperhatikan peserta adalah:

1. Kompetisi foto

Kompetisi foto mengusung tema permainan tradisional dengan obyek foto mengenai kebiasaan/gaya hidup sehari-hari sesuai dengan kearifan lokal setempat. Karya foto disertai penjelasan atau cerita dibalik foto tersebut baik berbentuk cerita pendek, puisi, atau keterangan singkat lainnya yang dikemas semenarik mungkin.

2. Kompetisi video

Kompetisi video mengusung konsep pantun anak dan keluarga dengan tema ragam budaya Indonesia. Video dibuat semenarik mungkin dengan kearifan lokal setempat yang diunggah melalui platform youtube, yang menggambarkan kebiasaan/ gaya hidup sehari-hari.

3. Kompetisi gambar

Kompetisi gambar mengusung tema ragam budaya Indonesia yang dikemas secara menarik dan kreatif, yang menggambarkan suasana khas/kearifan lokal setempat.

Untuk peserta, adalah pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat, dengan rentang usia 7 hingga 17 tahun. Peserta terlebih dulu wajib mem-follow akun Instagram KemenPPPA dan Sekolah Ramah Anak Official.

Karya wajib dikumpulkan mulai 5-19 Juni 2023 dan pengumuman karya terpilih dilakukan melalui live streaming saat hari puncak festival dan melalui akun Instagram resmi KemenPPPA pada 24/25 Juni 2023.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News