Ilustrasi memasak dengan kompor listrik/Net
Ilustrasi memasak dengan kompor listrik/Net
KOMENTAR

KOMPOR listrik merupakan sebuah inovasi yang dapat meringankan pekerjaan dapurmu. Tapi ada anggapan, bahwa kompor listrik lebih boros jika dibandingkan dengan kompor gas konvensional.

Tapi, muncul masalah lain dari penggunaan kompor listrik, yaitu tagihan listrik yang membengkak. Untuk mengatasinya, coba tips penggunaan kompor listrik berikut ini:

  • Gunakan peralatan masak dari stainless steel, besi, atau baja. Proses memasak menggunakan peralatan dari stainless steel, besi, atau baja akan lebih cepat.
  • Sesuaikan ukuran peralatan masak. Jangan gunakan panci atau wajan yang besar, pilih yang sepadan agar energi listrik tidak terbuang.
  • Atur suhu dengan tepat. Penggunaan kompor listrik yang aman, sebaiknya disesuaikan dengan masakan yang akan dibuat:

a. Rendah: tingkat panas ini cocok untuk mempertahankan kelembapan masakan, seperti saat memasak telur, tumis-tumisan, dan seafood.

b. Medium: dapat digunakan untuk kebanyakan masakan, seperti sayur-sayuran dan daging yang tidak terlalu tebal.

c. Tinggi: cocok untuk memasak daging merah. Tapi harus hati-hati, karena lebih rawan hangus atau terbakar.

  • Bersihkan usai memasak. Saat permukaan kompor dipenuhi sisa makanan, panas akan terserap. Jika terhalang benda lain, panas tidak akan terpantul dan mencapai peralatan masak. Jadi, rutin bersihkan kompor, ya.
  • Jangan masak makanan beku. Bahan makanan beku butuh waktu lebih lama untuk kembali ke bentuk semula dibandingkan bahan makanan dengan suhu normal.

Untuk menghemat penggunaan kompor listrik, mulailah dengan tingkat panas rendah. Jangan langsung menyetelnya di tingkat tertinggi, meski kamu ingin memasak daging merah. Sebab, menyetelnya langsung ke suhu tertinggi akan memakan daya listrik yang lebih besar.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family