post image
Asparagus/ Net
KOMENTAR

PENYAKIT yang disebabkan karena adanya penyumbatan atau penggumpalan yang terjadi pada pembuluh darah cukup beragam, dari mulai serangan jantung hingga serangan stroke.

Hal tersebut tentu dapat bersifat fatal bagi kita karena dapat menyebabkan kematian. Untuk itu sangat penting bagi kita melakukan berbagai upaya untuk menjaga peredaran darah agar tetap lancar, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Ada beberapa makanan yang mampu membantu mengurangi risiko penyumbatan pada pembuluh darah, antara lain :

Asparagus
Asparagus merupakan salah satu makanan terbaik untuk membersihkan pembuluh darah.

Kandungan serat dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat meningkatkan produksi glutathione, yaitu antioksidan yang melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan arteri tersumbat. Selain itu asparagus mengandung alfa-linoleat dan asam folat, yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah.

Alpukat
Vitamin E yang merupakan vitamin larut lemak yang terdapat di dalam alpukat mengurangi kolesterol "jahat" dan meningkatkan "kolesterol baik" di dalam tubuh, sehingga hal ini mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah.  Selain itu vitamin E tersebut dapat menurunkan tekanan darah


Brokoli
Kandungan sulforaphane yang terdapat di dalam brokoli membantu tubuh untuk menggunakan protein untuk mencegah penumpukan  plak di arteri.

Brokoli juga mengandung vitamin K yang bekerja mencegah kalsium merusak pembuluh arteri sehingga tidak terjadi penumpukan plak di arteri. Ditambah lagi serat yang ada di dalam brokoli membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stress, yang dapat menyebabkan robekan dinding arteri.

Agar memperoleh hasil yang maksimal, kita disarankan mengkonsumsi dua sampai tiga porsi brokoli per minggu.

Ikan
Beberapa jenis ikan seperti makarel, salmon, sarden, herring, dan tuna kaya memiliki asam lemak Omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kolesterol “baik” sekaligus mengurangi kadar trigliserida sehingga dapat mengurangi peradangan dan pembekuan darah yang terjadi di pembuluh arteri dan menurunkan tekanan darah.

Setidaknya kita dianjurkan makan ikan dua kali seminggu untuk mengurangi penumpukan plak.  

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond adalah memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, serat dan protein serta berbagai mineral yang dapat mencegah pembentukan plak dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada beberapa jenis kacang seperti kenari akan mengurangi kolesterol “jahat” dan meningkatkan kadar kolesterol “baik” untuk menurunkan risiko pembentukan plak di arteri.

Agar memperoleh kesehatan yang optimal, kita dianjurkan mengkonsumsi 3 hingga 5 porsi kacang-kacangan per minggu.

Minyak Zaitun
Kandungan asam oleat dan anti oksidan yang terdapat pada minyak zaitun dapat membantu menurunkan kolesterol “jahat” dan meningkatkan kolesterol “baik”.

Kita disarankan untuk menggunakan minyak zaitun agar memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal.

Semangka
Semangka merupakan sumber alami asam amino L-sitrulin, yang dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh.

Oksida nitrat membuat arteri rileks, mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Semangka juga dapat membantu memodifikasi lipid darah dan menurunkan akumulasi lemak perut yang berisiko ada kesehatan jantung.
 
Kunyit
Kandungan kurkumin yang merupakan komponen utama kunyit merupakan zat yang bersifat antiinflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan yang merupakan penyebab utama arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

Selain itu vitamin B6 juga membantu menjaga kadar homosistein yang sehat, sehingga dapat mengurangi penumpukan plak dalam pembuluh darah.

Bayam
Bayam merupakan sayuran yang mengandung potasium, folat dan serat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan arteri, selain itu bayam mengandung kadar homosistein, sehingga dapat mengurangi aterosklerosis.

Gandum Utuh
Gandum utuh merupakan biji-bijian utuh mengandung serat larut, yang mengikat dapat mengikat kelebihan kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh. Selain itu kandungan magnesium yang terdapat dalam gandum juga dapat melebarkan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Demikian beberapa jenis makanan yang dapat membantu membersihkan pembuluh darah. Agar tubuh kita sehat dan terhindar dari penyakit degeneratif, ada baiknya kita mulai memperhatikan pola makanan sehat yang masuk ke tubuh kita.




Benarkah Asam Urat Tinggi Picu Kolesterol Tinggi? Apa Bahayanya?

Sebelumnya

Seberapa Efektif Ekstrak Cacing Tanah dalam Mengobati Tipes?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health