Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SEBAGAI bentuk peduli terhadap teman dan rekan yang sedang terpapar Covid-19, biasanya kita suka mengirimkan paket makanan maupun minuman. Mulai dari makanan kegemaran pasien hingga makanan atau minuman yang diyakini bisa menambah imunitas tubuh yang sedang drop.

Makanan yang dikirim sebagai pengganti tradisi menjenguk yang sedang sakit. Sebab pasien Covid-19 tidak bisa dijenguk, baik oleh keluarga maupun kerabat.

Tapi perlu diingat, mengirimkan paket makanan/minuman pun harus memerhatikan kandungan nutrisinya. Tujuannya agar si pasien lekas membaik.

Berikut ini ada 7 ide makanan yang kaya nutrisi, yang bisa digunakan sebagai "paket sembuh" untuk mereka yang sedang terpapar virus Corona.

1. Jamu
Jamu memiliki banyak khasiat. Walaupun tidak semua orang menyukai jamu, namun saat ini banyak jamu yang dibuat dengan rasa yang enak dan menyegarkan.

Jamu dibuat dari pilihan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Ada baiknya memilih jamu yang dikemas dalam botol kaca, agar khasiat dan aromanya tidak berubah.

2. Buah-buahan
Buah-buahan adalah pilihan bagus untuk orang yang sedang sakit dan biasanya menjadi pilihan utama, karena buah menyegarkan dan selain tinggi nutrisi juga bisa menggugah selera makan yang hilang karena sakit.

Disarankan untuk memilih buat alpukat yang kaya vitamin E untuk membantu proses penyembuhan dan buah jeruk yang kaya akan kandungan antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan paru-paru.

3. Yoghurt
Pilihan selanjutnya adalah yoghurt karena direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pasien Covid-19.

Yoghurt mengandung banyak vitamin D dan probiotik yang mampu mengurangi infeksi di saluran pernapasan.

Disarankan memilih Greek yoghurt tanpa rasa dan rendah gula supaya manfaatnya semakin optimal.

4. Sup ayam
Jika ingin mengirimkan masakan rumahan, pilihlah sup ayam. Dalam sup ayam yang hangat dapat membantu pasien Covid-19 meredakan sakit tenggorokan, menurunkan demam, dan melegakan pernapasan.

Sup ayam juga sangat bergizi, karena mengandung protein dari ayam, serat dari sayur, dan cairan dari kuah kaldu.

5. Jajanan tradisional
Ada baiknya mengirimkan jajanan tradisional daripada jajanan siap saji. Jajanan tradisional jelas cara pembuatannya dan kandungan nutrisinya.

Kelebihan lain dari jajanan tradisional adalah cara pembuatannya yang dikukus, dipanggang atau direbus.

Talam, nagasari, cucur, klepon, bugis, talam, dan lemper bisa menjadi pilihan hantaran untuk teman yang sedang terpapar virus Corona.

6. Jus buah
Selain buah-buahan, jus buah juga bisa dijadikan alternatif hantaran untuk mereka yang sedang sakit. Jus buah lebih mudah dicerna usus, sehingga manfaatnya semakin cepat dirasa.

Jus buah yang dianjurkan adalah jus jambu biji merah, karena mengandung banyak vitamin C yang diyakini mampu menghambat perkembangan virus Corona.

Namun pastikan jus yang dikirim itu berasal dari buah-buahan segar dan bukan dalam bentuk kemasan.

7. Lauk jadi
Lauk jadi atau siap makan sangat bermanfaat untuk.pasien Covid-19 yang tidak bisa memasak sendiri.

Meski begitu, pastikan memilih lauk jadi yang mampu meningkatkan imunitas, yakni mengandung banyak protein seperti ayam, daging, ikan, telur dan seafood.

Hantaran makanan untuk teman yang sedang sakit memang sangat menolong. Pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi, yang membantu meningkatkan imun dan mempercepat proses penyembuhan.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health