post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

HAMPIR setiap orang dewasa pasti pernah mengalami masa di mana pikiran berlebih datang secara bertumpuk di kepala atau lebih familiar disebut overthinking. Bila tidak ditangani dengan bijak, overthinking bisa memicu terjadinya stres atau depresi.

"Dalam banyak kasus, overthingking disebabkan oleh sebuah emosi yang muncul, yakni ketakutan," kata Mental Health Influencer, Naajmi Wicaksono melalui akun Twitternya pekan ini.

"Ketika kita fokus pada ketakutan-ketakutan tersebut, itu artinya kita fokus ke hal-hal yang negatif yang akan atau sudah terjadi," sambungnya.

"Dan itu mudah bagi kita untuk kemudian menjadi lumpuh karenanya," lanjut Naajmi.

Karena itulah, dia mengingatkan bahwa penting bagi orang dewasa untuk bisa menangani dengan baik dan bijak ketika tengah menghadapi situasi tersebut.

Naajmi membagikan tujuh tips yang biasa dia lakukan untuk mengatasai overthingking dengan bijak yang mungkin bisa Anda tiru.

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Hal pertama yang harus dilakukan ketika tengah merasa overthinking, cobalah untuk membuat tubuh serileks mungkin dengan cara menarik napas dalam-dalam. Hal itu dilakukan agar memberikan ruang lebih banyak bagi oksigen untuk masuk ke dalam tubuh dan membantu tubuh lebih rileks.

2. Bicara Pada Diri Sendiri

Ketika kepala penuh sesak dengan banyak pikiran yang datang, cobalah untuk mengajak bicara diri sendiri. Seperti "Apa yang sebenarnya kamu inginkan?, atau "Kenapa bisa kepikiran?". Hal itu akan membantu diri mendalami apa yang sebenarnya diinginkan dan membuka pintu kepada solusi terbaik untuk memecahkannya.

3. Tulis Apa Yang Dipikirkan

Tuangkan kerumitan yang ada di dalam kepala ke atas buku atau media lain seperti catatan di ponsel. Setelah itu coba baca kembali apa yang sudah ditulis dan observasi satu per satu masalah yang dituliskan tersebut.

4. Alihkan Diri Sendiri

Ketika overthinking telah membuat diri lelah, coba cari pengalihan yang baik bagi diri sendiri, seperti mendengarkan musik, menonton televisi atau apapun yang bisa mengalihkan pikiran dan membuat diri kita lebih fokus.

5. Belajar Mindfulness

Mindfulness sendiri merupakan suatu sikap kesadaran penuh akan diri saat ini. Sikap ini perlu diterapkan untuk membuat diri sediri tidak mengawang-awang ke masa lalu atau ke masa depan. Dengan demikian diri akan lebih fokus pada masa saat ini.

6. Sadar Diri

Sikap ini penting diterapkan untuk membuat diri sendiri menyadari bahwa diri sendiri butuh perhatian, sehingga jangan melulu memperhatikan masalah di sekitar. Hal itu perlu dilakukan untuk mengurangi beban di dalam pikiran.

7. Meditasi

Cara lain yang juga bisa dicoba untuk menangani overthinking adalah dengan melakukan meditasi. Tujuannya untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. (F)

Close X

Duh! China Konfirmasi Sayap Ayam Impor Dari Brazil Mengandung Covid-19

Sebelumnya

Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19: Relawan Tak Sakit, Kemungkinan Berhasil Cukup Tinggi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health