Para petinggi T-Village menginginkan sepakbola putri Tanah Air dapat berkembang/Foto-foto Dok T-Village
Para petinggi T-Village menginginkan sepakbola putri Tanah Air dapat berkembang/Foto-foto Dok T-Village
KOMENTAR

TASIKMALAYA Village atau disingkat T-Village, adalah sebuah gagasan yang terlahir dan terinspirasi dari J-Village di Fukushima Jepang yang didirikan pada 1997 sebagai pusat pelatihan sepak bola nasional pertama di Jepang dengan sistem yang modern dan visioner.

T-Village di bentuk karena Kota Tasikmalaya merupakan Kota Santri dan Kota Berkembang, di mana di kota ini berbagai fasilitas olah raga tersedia dan berbagai latar belakang ada di sini. T-Village didirikan oleh Sarief Saefulloh, SSy, MIpol pada 29 Juli 2023 di Kota Tasikmalaya. Ia pernah melakukan studi banding tentang Sports Science ke Ajinomoto Jepang, Universitas Nippon Sport Science Jepang, dan J-Village Jepang pada Februari dan Mei 2023.

Cita-cita T-Villge adalah membangun Pesantren Sepakbola Putri di Tasikmalaya dan menjadi yang pertama di Indonesia.  Sarief yakin, putra-putri terbaik di Kota Tasikmalaya khususnya, dan umumnya di Indonesia, memiliki potensi dan peluang yang sama untuk menjadi pemain-pemain sepak bola profesional yang dapat bermain di klub professional di tanah air maupun di dunia.

T-Village memiliki sistem pembinaan usia dini yang memuat nilai-nilai modernisasi, juga jaringan secara nasional dan international untuk mendistribusikan pemain berbakat. Mereka menyakini perkembangan sepakbola berada pada pembinaan usia dini dan kompetisi yang berkelanjutan, sepakbola tanpa keilmuan tidak akan pernah maju.

Ada pun misi T-Village adalah menghadirkan kesetaraan bahwa sepakbola wanita memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berprestasi. Misi kedua, mengubah imej sepakbola wanita menjadi ekslusif, di mana mereka akan berdampak pada industry olah raga.

Ketiga, menciptakan iklim dan turnamen usia dini secara profesional, kompetitif, dan berkelanjutan.

Agenda pertama T-Village dalam mengembangkan sepakbola putri adalah mengaktifkannya di Insitusi Pendidikan dan Sekolah Sepakbola (SS), kemudian mencari bibit pemain dengan menggelar kompetisi T-Village Womens Football Cup 2023 pada 8, 14 dan 15 Oktober 2023, di Stadion Wiradadaha dan Stadion Brigif Tasikmalaya untukkategori U-10, U-12 dan U-15.

Pendaftaraan dibuka sejak 1 hingga 29 Spetember 2023 tanpa dipungut biaya. Peserta kegiatan mencapai 68 Tim yang berasal dari berbagai latar belakang. Kick off babak penyisihan dimulai 8 Oktober 2023 dan telah dilaksankan dengan sukses.

Selanjutnya, pada 14 Oktober 2023 masuk babak 8 besar sekaligus Opening Ceremony, dan sehari kemudian semi final serta final, sekaligus Closing Ceremony.

Setelah kompetisi selesai, pemain-pemain terpilih yang masuk Tim T-Village akan mendapatkan pembinaan sepakbola secara gratis termasuk fasilitasnya, seperti sepatu, kostum pertandingan, dan lain-lain.




ParagonCorp Gelar Kelulusan Women’s Space Bersama 10 Perempuan Penggerak di Jakarta

Sebelumnya

Fakultas Komunikasi LSPR Gelar FGD Dukung Pencapaian Indonesia Emas 2045

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E