post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SAAT kita baru sembuh dari sakit atau selesai menjalani operasi, makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat membantu atau menghambat proses pemulihan.

Banyak makanan termasuk buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan protein telah terbukti mengurangi peradangan, menambah imunitas tubuh, meningkatkan kesembuhan, dan menyediakan 'bahan bakar' bagi tubuh untuk bisa pulih.

Berikut ini 10 makanan terbaik versi Healthline yang membantu kita segera pulih dari sakit.

#1 Sayuran berdaun hijau

Bayam, aragula, dan kale adalah di antara sayuran berdaun hijau dengan nutrisi yang bisa mengurangi peradangan, menambah imun tubuh, dan meningkatkan kemampuan tubuh sembuh dari luka.
Sayuran berdaun hijau kaya vitamin C, magnesium, folat, provitamin A, serta mengandung antioksidan plavonoid yaitu kuersetin yang mampu menghambat produksi sel penyebab inflamasi. Vitamin C juga sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka.

#2 Telur

Setelah operasi, tubuh membutuhkan protein lebih banyak dari kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya sebagai protein tinggi yang mudah diserap, telur juga mengandung zat gizi untuk menyembuhkan luka dan meningkatkan imun tubuh. Telur mengandung vitamin A, vitamin B12, zinc, zat besi, dan selenium.

#3 Salmon

Ikan ini mengandung vitamin B dan berbagai vitamin lain, selenium, zat besi, zinc, dan lemak Omega-3. Studi terbaru menunjukkan bahwa Omega-3 dalam bentuk suplemen mampu meningkatkan imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi peradangan.

#4 Buah berry

Aneka buah berry mengandung zat gizi dan senyawa tumbuhan yang mendukung pemulihan tubuh. Dengan kandungan vitamin C yang cukup, buah berry menstimulasi produksi kolagen untuk penyembuhan luka. Berry juga mengandung antioksidan berupa antosianin, yang menjadi pigmen pemberi warna berry sekaligus menjadi antiinflamasi, antivirus, dan mendukung imun tubuh.

#5 Kacang dan biji-bijian

Aneka kacang-kacangan seperti almond, pecan, kenari, dan biji bunga matahari adalah pilihan baik untuk mengisi tubuh selama proses pemulihan. Makanan ini menyediakan protein berbasis tumbuhan, lemak sehat, vitamin, serta mineral yang membantu penyembuhan.

Zat gizi yang ada pada kacang dan biji-bijian adalah zinc, vitamin E, magnesium, dan mangan. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel sekaligus menjadi sumber imun untuk melawan infeksi dan penyakit.

#6 Daging unggas

Daging unggas, termasuk ayam dan kalkun, mengandung glutamin dan arginin, dua asam amino yang membantu pemulihan dan penyembuhan. Asam amino tertentu dapat berperan penting dalam penyembuhan luka dan fungsi imun tubuh. Glutamin menghasilkan proteksi sel selama tubuh sakit dan terluka, sedangkan arginin mendukung produksi kolagen dan penyembuhan luka.

#7 Jeroan

Walau banyak orang menghindarinya, daging jeroan merupakan salah satu makanan paling bernutrisi. Jeroan punya banyak zat gizi pendukung imun tubuh termasuk vitamin A, berbagai vitamin B, zat besi, zinc, dan zat tembaga (copper) yang sangat dibutuhkan untuk produksi kolagen dan jaringan ikat. Tak hanya itu, jeroan juga sumber protein luar biasa yang juga sangat dibutuhkan untuk pemulihan setelah sakit maupun pasca-operasi.

#8 Sayuran cruciferous (sayuran silangan)

Cruciferous vegetables seperti kembang kol, brokoli, kubis Brussel, juga kale dikenal dengan beragam manfaat bagi kesehatan. Dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berlimpah, sayuran cruciferous sangat membantu pemulihan tubuh.

Sayuran silang juga mengandung glucosinolates yang kemudian dipecah menjadi isothiocynates, senyawa kimia alami dalam tumbuhan yang membantu memperkuat imun tubuh dengan menekan peradangan, mengaktifkan pertahanan imun, dan mematikan sel-sel yang terinfeksi.

#9 Kerang-kerangan

Kerang-kerangan seperti tiram dan aneka jenis remis mengandung berbagai zat gizi, terutama zinc, yang membantu proses penyembuhan. Zinc amat penting untuk fungsi imun tubuh. Mineral ini juga mempercepat pemulihan dan penyembuhan luka.

#10 Ubi jalar

Kiat Bertahan 14 Tahun ala Srie Firman: Temukanlah Sahabat untuk Berbagi Rasa dan Membantumu Berdiri Tegak

Sebelumnya

Tekankan SADARI dan SADANIS, Dr. dr. Diani Kartini, Sp.B(K)Onk: Jangan Takut, Kanker Payudara Bisa Sembuh!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health