Ilustrasi makan sehat/Freepik
Ilustrasi makan sehat/Freepik
KOMENTAR

BERBICARA tentang makan sehat, banyak orang langsung menghubungkannya dengan diet tertentu. Padahal, sama sekali tidak!

Meskipun orang-orang tertentu perlu - atau memilih - untuk menghindari makanan tertentu atau menerapkan pola makan karena alasan kesehatan, kebanyakan orang tidak harus mengikuti pola makan tertentu untuk mendapatkan yang terbaik.

Namun itu tidak berarti pula bahwa pola makan tertentu tidak bermanfaat. Misalnya, beberapa orang merasa paling sehat ketika mengikuti diet rendah karbohidrat, sementara yang lain merasa lebih sehat jika mengikuti diet tinggi karbohidrat.

Namun secara umum, makan sehat tidak ada hubungannya dengan kepatuhan terhadap pola makan atau aturan diet tertentu. “Makan sehat” berarti memprioritaskan kesehatan dengan cara mengisi tubuh dengan makanan bergizi.

Secara spesifik, mungkin makanan sehat berbeda untuk setiap orang tergantung pada lokasi, situasi keuangan, budaya dan masyarakat, serta preferensi selera.

Makan sehat tidak melibatkan diet tertentu. Sebaliknya, ini berarti memprioritaskan kesehatan dengan mengisi tubuh dengan makanan kaya nutrisi.

Makanan dapat disebut sebagai makanan sehat manakala memenuhi faktor-faktor berikut ini.

  1. Mengandung nutrisi yang padat
  2. Terdiri dari beragam jenis bahan makanan
  3. Rasio makronutrien yang seimbang
  4. Makanan yang tidak diproses secara instan/singkat

Jika kita ingin makanan sehat berfaedah untuk kesehatan tubuh, maka prioritaskanlah.

Kita tahu bahwa makanan adalah salah satu dari sekian banyak potongan puzzle dalam kehidupan kita sehari-hari. Antara perjalanan pulang pergi, pekerjaan, komitmen keluarga atau sosial, keperluan sehari-hari, dan banyak faktor sehari-hari lainnya, makanan mungkin menjadi hal terakhir dalam daftar kekhawatiran kita.

Langkah pertama untuk menjalani pola makan yang lebih sehat adalah menjadikan makanan sebagai salah satu prioritas.

Ini tidak berarti kita harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyiapkan atau memasak makanan yang rumit, namun hal ini memerlukan pemikiran dan usaha, terutama jika kita memiliki gaya hidup yang sangat sibuk.

Pastikan bahwa pilihan makanan sehat selalu tersedia di lemari es dan dapur. Dapur yang lengkap membuat kita lebih mudah memilih makanan dan camilan sehat.




Kenali Pemicu dan Gejala Penyakit Asma, Ketahui Cara Mencegahnya

Sebelumnya

Temukan Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health