KOMENTAR

SAAT berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Karena itulah, kita harus bisa menyiasatinya dengan baik agar tubuh tetap memiliki daya tahan yang baik untuk menjalankan berbagai aktivitas selama Ramadan.

Sebagai uswah hasanah, suri teladan kita, kehidupan Rasulullah bukan hanya kita tiru dari keimanan dan ketakwaan beliau, melainkan juga gaya hidup sehat yang dijalankan.

Salah satunya adalah pola makan sehat yang dijalankan Rasulullah selama bulan Ramadan yang bisa kita tiru berikut ini.

Makanan saat sahur

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk makan sahur. Dengan begitu, tubuh memiliki tabungan nutrisi untuk dipakai selama berpuasa hingga maghrib. Sahur disunnahkan untuk dilakukan di akhir waktu.

Makanan yang dianjurkan untuk sahur adalah makanan mengandung karbohidrat dan serat tinggi. Agar tubuh tak mudah lemas, kita bisa mengonsumsi makanan berkuah juga buah yang mengandung air.

Minum air putih 8 gelas per hari

Agar kebutuhan tubuh terhadap air terpenuhi meskipun sedang berpuasa, kita dapat meminum 8 (delapan) gelas air putih pada waktu-waktu berikut ini.

Setelah bangun tidur, sebelum makan sahur, sesudah santap sahur, saat berbuka puasa, sebelum makan berbuka puasa, sesudah makan malam, sesudah salat Isya/ Tarawih, dan satu jam sebelum tidur.

Mengonsumsi takjil

Rasulullah menganjurkan umat Islam untuk menyegerakan berbuka puasa. Kita memang harus segera mengisi cairan-cairan tubuh yang hilang selama lebih kurang 12 jam berpuasa.

Jangan salah kaprah, hindari langsung mengonsumsi makanan berat untuk menghindari masalah pada organ pencernaan yang ‘kaget’. Kita sebaiknya memulai buka puasa dengan makanan ringan (takjil) seperti kurma juga buah-buahan. Keduanya mengandung serat juga mineral yang dibutuhkan.

Makan malam (makanan berat)

Setelah berbuka puasa dengan takjil, kita sebaiknya memberi selang waktu sebelum mengonsumsi makanan berat. Rasulullah tidak menganjurkan kita makan berlebihan, terlebih di bulan puasa, agar tidak menimbulkan rasa malas. Karena itu, pastikan kita mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health