Sarung tangan berteknologi canggih yang bisa membantu orang tuli berkomunikasi/CNN
Sarung tangan berteknologi canggih yang bisa membantu orang tuli berkomunikasi/CNN
KOMENTAR

SEBUAH perangkat teknologi teranyar besutan para peneliti dari Amerika Serikat ini bisa jadi kabar gembira bagi orang tuli.

Perangkat itu adalah sarung tangan canggih yang bisa menerjemahkan bahasa isyarat menjadi ucapan di waktu bersamaan.

Sarung tangan ini dilengkapi dengan sensor yang beroperasi di sepanjang empat jari dan ibu jari untuk mengidentifikasi setiap kata yang dibentuk dengan isyarat tangan berupa frasa atau huruf seperti yang dibuat dalam Bahasa Isyarat Amerika Serikat.

Sinyal-sinyal tersebut kemudian dikirim secara nirkabel ke smartphone, yang menerjemahkannya menjadi kata-kata yang diucapkan dengan kecepatan satu kata per detik.

Teknologi ini dikembangkan oleh para peneliti di Universitas California, Los Angeles (UCLA) Amerika Serikat. Para peneliti yakin, inovasi tersebut dapat memungkinkan komunikasi yang lebih mudah bagi orang-orang tuli.

"Harapan kami adalah ini membuka cara mudah bagi orang-orang yang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi langsung dengan non-penandatangan tanpa memerlukan orang lain untuk menerjemahkannya," kata ketua peneliti, Jun Chen.

"Selain itu, kami berharap ini dapat membantu lebih banyak orang belajar bahasa isyarat sendiri," tambahnya, seperti dikabarkan CNN (Selasa, 30/6).

Para peneliti juga menambahkan sensor perekat ke wajah orang yang digunakan untuk menguji perangkat, antara alis dan di satu sisi mulut mereka, untuk menangkap ekspresi wajah yang merupakan bagian dari Bahasa Isyarat Amerika Serikat.

Chen juga menjelaskan, perangkat itu lebih ringan daripada sistem yang dapat dipakai yang dikembangkan dalam upaya sebelumnya untuk membuat peralatan penerjemahan bahasa isyarat langsung.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News