post image
KOMENTAR

MELANOMA kini banyak mendapat perhatian karena disebut-sebut sebagai kanker kulit paling berbahaya. Benarkah?

Nama Melanoma yaitu sejenis kanker kulit menjadi perbincangan hangat banyak perempuan. Ini karena Melanoma identik dengan kanker kulit yang dapat merusak penampilan, terutama wajah. Bentuk awal yang seperti tahi lalat pemanis wajah, tanpa disadari ternyata bisa menjadi kanker yang merusak.

Apa Itu Melanoma?

Secara sederhana, Melanoma diartikan sebagai keganasan dari sel melanosit yang merupakan sel pigmen. Disebut ganas karena sel melanosit tersebut berubah bentuk dan terganggu fungsinya. Sel tersebut bereplikasi dan berproliferasi (berkembang biak sangat banyak dan menyebar). Sel melanosit terletak di lapisan epidermis kulit, yaitu lapisan paling luar yang berfungsi untuk proteksi. Sel melanosit ini memiliki keistimewaan yaitu memproduksi pigmen, eumelanin dan pheomelanine.

Menurut penjelasan Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp. KK (K) dari RS SamMarie Basra, Melanoma disebut kanker kulit yang paling serius karena bisa ber-metastasis (menyebar) ke kelenjar getah bening yang ada di seluruh organ vital dan dapat menyebabkan kematian, serta tanpa terdeteksi gejala awalnya.

Secara umum, mereka yang berisiko lebih besar terkena Melanoma adalah orang-orang kulit putih, orang dengan rambut berwarna putih/pirang/merah, mata berwarna biru/hijau (Kaukasia), mereka yang tinggal di daerah utara Khatulistiwa yang minim sinar matahari. Mereka umumnya tidak tahan terhadap sinar matahari.

Namun yang harus diperhatikan, Allah SWT sudah menyebarkan seluruh manusia di muka bumi ini sesuai dengan kondisi alam dan kemampuan beradaptasi mereka terhadap lingkungan. Orang-orang yang tidak mempunyai pigmen atau hanya sedikit, mereka jauh dari Khatulistiwa. Sedangkan orang yang hidup di daerah Khatulistiwa, mereka diberikan pigmen warna cokelat atau hitam yang berfungsi sebagai penangkap dan penahan sinar matahari agar jangan sampai merusak sel-sel kulit lainnya. Jadi sebenarnya penyebab utama Melanoma bukan semata-mata karena matahari tetapi lebih kepada kerentanan manusia itu terhadap sinar matahari.

Penyebab Melanoma lainnya adalah faktor genetik. Dalam hal ini, terkait dengan kerusakan sel. Manusia sebenarnya sudah dibekali sistem imun untuk menyeleksi sel rusak lalu digantikan sel baru. Namun pada sebagian orang, sel penyeleksi tersebut rusak bahkan mati akibat sinar matahari tidak bisa ditangkap oleh sel pigmen. Padahal, sel penyeleksi itulah yang dapat mengamankan manusia dari faktor risiko terkena kanker.

 

Batas Aman Penggunaan Gula & Garam Untuk Anak

Sebelumnya

Benarkah MSG Aman Dikonsumsi?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA