Kurangi aktivitas luar ruang saat cuaca terik/Pexels-Cotton Bro
Kurangi aktivitas luar ruang saat cuaca terik/Pexels-Cotton Bro
KOMENTAR

HEAT STROKE adalah bentuk cedera panas yang paling serius dan dianggap sebagai keadaan darurat medis. Jika kita mencurigai seseorang terkena serangan panas, yang juga dikenal sebagai sengatan matahari (sunstroke), segera hubungi petugas medis sambil memberikan pertolongan pertama.

Penelusuran Farah.id menunjukkan bahwa definisi medis dari serangan panas adalah suhu inti tubuh lebih dari 104 F atau 40 derajat Celcius, dengan komplikasi yang melibatkan sistem saraf pusat yang terjadi setelah terpapar suhu tinggi.

Serangan panas dapat membunuh atau menyebabkan kerusakan pada otak dan organ dalam lainnya. Meskipun serangan panas terutama menyerang orang yang berusia di atas 50 tahun, penyakit ini juga bisa berdampak buruk pada atlet muda yang sehat.

Serangan panas sering kali terjadi sebagai perkembangan dari penyakit ringan yang berhubungan dengan panas seperti kram panas, sinkop panas (pingsan), dan kelelahan akibat panas. Namun penyakit ini dapat menyerang bahkan jika kita tidak memiliki tanda-tanda cedera panas sebelumnya.

Berikut ini 11 gejala heat stroke yang wajib kita waspadai versi WebMD.

  1. Sakit kepala berdenyut
  2. Pusing
  3. Kurang berkeringat meski panas
  4. Kulit merah, panas, dan kering
  5. Kelemahan atau kram otot
  6. Mual dan muntah
  7. Detak jantung cepat, mungkin kuat atau lemah
  8. Napas cepat dan dangkal
  9. Perubahan perilaku seperti kebingungan, disorientasi, atau mengejutkan
  10. Kejang
  11. Kondisi tidak sadar

Serangan panas terjadi akibat paparan suhu tinggi dalam waktu lama—biasanya bersamaan dengan dehidrasi—yang menyebabkan kegagalan sistem kontrol suhu tubuh.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health